Peringati Hari Kebebasan Pers Sedunia, Dubes Inggris Dukung Kebebasan Media

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 03 Mei 2024 | 13:13 WIB
Dubes Inggris Dominic Jermey  (Foto/Inst UK in Indonesia)
Dubes Inggris Dominic Jermey (Foto/Inst UK in Indonesia)

BeritaNasional.com - Dubes Inggris Dominic Jermey mengatakan, hari ini merupakan Hari Kebebasan Pers Sedunia atau World Press Freedom Day 2024. Hari ini merupakan hari yang sangat  penting bagi jurnalis dunia termasuk jurnalis Indonesia.

Perayaan Hari Kebebasan Pers Sedunia kali ini mengangkat tema Pers untuk Bumi, jurnalisme tengah menghadapi krisis lingkungan hidup

"Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyoroti pentingnya peran media yang bebas dan independen, sebagai komponen penting dari aksi masyarakat. Inggris tetap berkomitmen mendukung kebebasan media, perjuangan demokrasi, dan HAM di seluruh dunia," ujar Dubes Inggris Dominic Jermey, Jumat (3/5/2024).

"Kami percaya masyarakat harus bisa berdikusi dan memperdebatkan isu-isu secara bebas khususnya dalam menyikapi peran penting jurnalisme dalam aksi iklim. Termasuk peran meningkatkan kesadaran publik dan mencermati solusi-solusi potensial yang ada," tambahnya.

Inggris, lanjut Dubes Inggris Dominic Jermey, terus berkomitmen untuk menyoroti pelanggaran kebebasan media di seluruh dunia secara serius di semua tingkatan.

"Kami percaya mereka yang menyalahgunakan, atau mereka yang membatasi kebebasan media harus bertanggung jawab." 

"Keadilan iklim dan demokrasi tidak mungkin tercapai, tanpa jaminan kebebasan pers dan keberadaan media yang independan, profesional, dan beragam," ungkapnya.

Dengan memperkuat suara masyarakat, termasuk komunitas  adat, ilmuwan, aktivis, kaum muda, dan mengungkap kejahatan lingkungan, maka jurnalis dapat memastikan bahwa pengambilan kebijakan tetap inklusif hadir dan transparan.

"Selamat Hari Kebebasan Pers, mari kita jaga nilai-nilai demokrasi bersama menuju masa depan lebih baik," pungkasnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: