Bendera Merah Putih Berkibar di Tugu Perbatasan Indonesia-Malaysia

Oleh: Tarmizi Hamdi
Minggu, 28 Juli 2024 | 10:00 WIB
Pengibaran bendera Merah Putih di Tugu Perbatasan Indonesia-Malaysia. (Foto/Puspen TNI)
Pengibaran bendera Merah Putih di Tugu Perbatasan Indonesia-Malaysia. (Foto/Puspen TNI)

BeritaNasional.com - Bendera Merah-Putih dikibarkan oleh pasukan TNI yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonzipur 5/ABW di tugu kedaulatan perbatasan Indonesia dan Malaysia, simpang tiga Badau lintas PLBN, Kalimantan Barat, Kamis (25/7/2024).

Pengibaran bendera Merah Putih ini menandakan eksistensi Indonesia di wilayah perbatasan.

Dilansir dari laman Puspen TNI, Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonzipur 5/ABW Letkol Czi Shobirin Setio Utomo mengatakan tindakan ini menandakan kedaulatan Indonesia.

“Selain sebagai simbol kedaulatan, pengibaran bendera di perbatasan juga memiliki makna penting dalam konteks hubungan diplomatik antara kedua negara. Ini menunjukkan komitmen Indonesia untuk menjaga dan mengawasi wilayah perbatasannya, serta menjaga hubungan baik dengan negara tetangga melalui diplomasi dan kerja sama bilateral,” ungkapnya.

Pengibaran bendera ini juga menjadi bentuk diplomasi dan menunjukkan komitmen Indonesia dalam menjaga perbatasannya dan bekerja sama dengan negara tetangga, Malaysia, untuk memastikan keamanan dan ketertiban di kawasan perbatasan.

Pengibaran bendera dihadiri oleh berbagai pejabat pemerintahan, aparat keamanan, serta masyarakat setempat, diantaranya Camat Badau Pane, Dansatgas didampingi Perwira Staf dan Perwira Khusus, Kades Badau Sukimin, Kades Janting Yohanes, Pegawai Bea Cukai, Kapolsek Badau AKP Supriyanto, Babinsa dan Babinkamtibmas serta Perangkat Desa Badau.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: