Hasil Babak Pertama Indonesia vs Irak 1-1, Tendangan Ivar Jenner Hunjam Gawang Hussein Rasetim

Oleh: Tarmizi Hamdi
Kamis, 02 Mei 2024 | 23:37 WIB
Timnas Indonesia U-23. (Foto/PSSI)
Timnas Indonesia U-23. (Foto/PSSI)

BeritaNasional.com - Di akhir babak pertama, Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 bermain imbang dengan skor 1-1 melawan Irak pada pertandingan perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (2/5) malam WIB.

Bermain dengan formasi 3-4-3, Garuda Muda di menit awal langsung menekan pertahanan Irak melalui Jeam Kelly Sroyer. Namun, pemain nomor punggung 13 tersebut dalam posisi offside saat menerima umpan terobosan dari Ivar Jenner.

Pada menit ke-11, Pratama Arhan melakukan lemparan ke dalam yang langsung mengarah ke gawang. Lemparan tersebut berhasil disundul Rafael Struick, namun ditangap kiper Irak Hussein Hasan Rasetim.

Jual beli serangan terjadi sepanjang babak pertama antara pemain Indonesia dan Irak. Pada menit ke-16, Irak menyerang melalui sayap kanan Nihad Mohammed Watifi. Namun tendangannya mampu ditangkap kiper Indonesia Ernando Ari.

Gol untuk Timnas Indonesia akhirnya tercipta melalui kaki Ivar Jenner pada menit ke-18. Tembakan Ivar Jenner membawa Indonesia unggul atas Irak, 1-0.

Melalui skema tendangan sudut, Witan Sulaeman mengirimkan umpan silang namun mampu diantisipasi oleh pertahanan Irak. Namun, bola hasil sapuan berada di jangkauan Jenner yang langsung melepaskan tembakan dari luar kotak penalti.

Bola yang mengarah tepat ke sudut kiri gawang Hussein Hasan Rasetim gagal diantisipasi oleh pertahanan Irak. Sepakan bola Ivar akhirnya menghunjam deras ke gawang Irak. 

Pada menit ke-22, Marselino Ferdinan dilanggar oleh Zaid Tahseen yang kemudian diganjar kartu kuning.

Operan satu dua dan sentuhan dari kaki ke kaki ditunjukkan para penggawa Garuda Muda sepanjang permainan.

Namun, keunggulan mereka tak bertahan lama. Pada menit ke-26, Irak menyamakan kedudukan yang berawal dari tendangan sudut.

Pemain bernomor punggung 10 Nihad Mohammed Watifi. menyundul ke arah gawang dan langsung disambar Zaid Tahseen. Sempat dicek oleh VAR, gol Irak tetap disahkan wasit. Hingga peluit babak pertama berakhir, skor tetap 1-1

Susunan Pemain

Indonesia: Ernando Ari (PG); Rio Fahmi, Muhammad Ferarri, Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-on, Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, Ivar Jenner, Witan Sulaeman, Rafael Struick, Jeam Kelly Sroyer

Pelatih: Shin Tae-yong

Irak: Hussein Hasan Rasetim (PG), Josef Baiz Al-Imam, Ahmed Hasan Al-Reeshawee, Zaid Tahseen Hantoosh, Mustafa Saadoon Al-Korji, Ali Jazim Elaibi, Muntadher Mohammed Maslookhi, Karrar Mohammed Ali, Blnd Azad Klouri, Nihad Mohammed Watifi, Ridha Fadhil Mayali

Pelatih: Radhi Swadi Al-Elayawisinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: