Timnas Indonesia Harus Tunduk oleh Irak dengan Skor 1-2 di Perebutan Ketiga Piala Asia U-23

Oleh: Tarmizi Hamdi
Jumat, 03 Mei 2024 | 01:15 WIB
Timnas Indonesia U-23. (Foto/PSSI)
Timnas Indonesia U-23. (Foto/PSSI)

BeritaNasional.com - Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 harus tunduk oleh Irak dengan skor 1-2 pada pertandingan perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (2/5) malam WIB.

Di babak pertama, Indonesia bermain dengan formasi 3-4-3. Garuda Muda di menit awal langsung menekan pertahanan Irak melalui Jeam Kelly Sroyer.

Namun, pemain nomor punggung 13 tersebut dalam posisi offside saat menerima umpan terobosan dari Ivar Jenner.

Pada menit ke-11, Pratama Arhan melakukan lemparan ke dalam yang langsung mengarah ke gawang. Lemparan tersebut berhasil disundul Rafael Struick, namun dapat ditangap kiper Irak Hussein Hasan Rasetim.

Jual beli serangan terjadi sepanjang babak pertama antara pemain Indonesia dan Irak. Pada menit ke-16, Irak menyerang melalui sayap kanan Nihad Mohammed Watifi. Namun tendangannya mampu ditangkap kiper Indonesia Ernando Ari.

Gol untuk Timnas Indonesia akhirnya tercipta melalui kaki Ivar Jenner pada menit ke-18. Tembakan Ivar Jenner membawa Indonesia unggul atas Irak, 1-0.

Melalui skema tendangan sudut, Witan Sulaeman mengirimkan umpan silang namun mampu diantisipasi oleh pertahanan Irak. Bola hasil sapuan itu berada di jangkauan Jenner yang langsung melepaskan tembakan dari luar kotak penalti.

Bola yang mengarah tepat ke sudut kiri gawang Hussein Hasan Rasetim gagal diantisipasi oleh pertahanan Irak. Sepakan bola Ivar itu menghunjam deras ke gawang Irak. 

Pada menit ke-22, Marselino Ferdinan dilanggar oleh Zaid Tahseen yang kemudian diganjar kartu kuning.

Operan satu dua dan sentuhan dari kaki ke kaki ditunjukkan para penggawa Garuda Muda sepanjang permainan babak pertama.

Namun, keunggulan mereka tak bertahan lama. Pada menit ke-26, Irak menyamakan kedudukan yang berawal dari tendangan sudut.

Pemain bernomor punggung 10 Nihad Mohammed Watifi. menyundul ke arah gawang dan langsung disambar Zaid Tahseen. Sempat dicek oleh VAR, gol Irak tetap disahkan wasit. Hingga peluit babak pertama berakhir, skor tetap 1-1

Pada menit ke-53, Marselino berusaha melakukan tendangan plesing ke tiang jauh gawang Irak. Namun, sepakan itu masih melambung tinggi.

Di awal babak kedua, anak asuh Shin Tae-yong masih terus menyerang barisan pertahanan Irak.

Pada menit ke-66, pemain Irak Muntadher Abdulameer Hadi Al Hasan menggantikan Blnd Azad Klouri.

Witan Sulaeman mendapatkan kartu kuning setelah melakukan pelanggaran keras pemain pemain Irak pada menit ke-67.

Pada menit ke-71, Kelly melakukan tendangan keras, sayang masih melebar ke atas gawang Irak.

Irak melakukan serangan balik cepat melalui umpan terobosan pemainnya dan diterima dengan baik oleh Ridha Fadhil Mayali pada menit ke-72.

Ernando Ari keluar dari sarangnya. Beruntung, tendangan pelan Mayali yang mengarah ke gawang dapat diselamatkan Nathan Tjoe-A-on.

Skuad Merah Putih terus menggempur pertahanan Irak. Pada menit ke-74, tendangan dari luar kotak penalti Rafael Struick melambung tinggi.

Di pertengahan babak kedua, Fajar Fathur Rahman masuk menggantikan Rio Fahmi, sedangkan Komang Teguh menggantikan Kelly.

Pergantian tersebut cukup membawa dampak signifikan bagi permainan timnas Indonesia. 

Alhasil, pada menit ke-82, umpan silang Rafael struick sempat mengenai kaki Witan, namun sayang bisa diselamatkan kiper Irak.

Di menit akhir babak kedua, Indonesia digempur oleh barisan penyerang Irak. Alhasil, Muntadher Mohammed Maslookhi pada menit ke-85 menembak bola yang mengarah ke gawang Ernando Ari. Namun, tendangan itu masih bisa dihalau pemain belakang Garuda Muda.

Pada menit ke-87, umpan silang Saadoun berhasil disundul Ridha Fadhil Mayali, namun berhasil ditepis kiper klub Persebaya Surabaya itu.

Pada menit ke-91, Indonesia kembali diserang. Beruntung, Ernando tampil sangat gemilang menghalau tembakan keras dari pemain timnas Irak.

Kedudukan 1-1 bertahan hingga peluit panjang babak kedua berakhir.

Laga Indonesia vs Irak berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Pada menit ke-95, Irak kembali membobol gawang Indonesia lewat kaki Ali Jasim setelah menerima umpan lambung Muntadher Mohammed Maslookhi.

Indonesia kesulitan membongkar pertahanan Muntadher Mohammed dkk.hingga babak perpanjangan waktu pertama berakhir. Skor 2-1 untuk Irak.

Pada menit ke-117, Ikhsan Zikrak masuk menggantikan Ivar Jenner untuk menambah daya gedor Garuda Muda.

Namun, hingga babak perpanjangan waktu kedua berakhir, Justin Hubner dkk tak mampu menyamakan skor. Irak menang 2-1 atas Indonesia.

Susunan Pemain

Indonesia: Ernando Ari (PG); Rio Fahmi, Muhammad Ferarri, Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-on, Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, Ivar Jenner, Witan Sulaeman, Rafael Struick, Jeam Kelly Sroyer

Pelatih: Shin Tae-yong

Irak: Hussein Hasan Rasetim (PG), Josef Baiz Al-Imam, Ahmed Hasan Al-Reeshawee, Zaid Tahseen Hantoosh, Mustafa Saadoon Al-Korji, Ali Jazim Elaibi, Muntadher Mohammed Maslookhi, Karrar Mohammed Ali, Blnd Azad Klouri, Nihad Mohammed Watifi, Ridha Fadhil Mayalisinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: