Gibran: Prabowo yang Menentukan Susunan Kabinet

Oleh: Mufit
Senin, 25 Maret 2024 | 22:06 WIB
Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka. (foto/instagram/Gibran_Rakabuming)
Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka. (foto/instagram/Gibran_Rakabuming)

Indonesiaglobe.id - Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, penentuan penyusunan kabinet pemerintah periode 2024-2029 adalah wewenang Presiden terpilih, Prabowo Subianto. 

"Pak Prabowo yang akan menentukan ya" kata Gibran usai acara buka bersama (bukber) dengan Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, di hotel Ritz-Carlton, Jakarta, Senin (25/3/2024).

Wali Kota Solo itu pun membantah kabar Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan terlibat dalam penyusunan kabinet pemerintah periode 2024-2029. 

Kendati begitu, lanjut Gibran, Presiden Jokowi tetap akan memberikan masukan kepada kabinet yang akan disusun Prabowo bersama dirinya. Namun, Gibran menegaskan, keputusan tetap ada di tangan Prabowo. 

"Ya, mungkin masukan, tapi penentuannya di Pak Prabowo, ya," tegas Gibran. 

Saat ditanya apakah dirinya akan diajak berdiskusi juga soal kabinet, Gibran memastikan Prabowo akan meminta masukannya. Dia mengaku sudah lama membicarakan soal penyusunan kabinet bersama Ketua Umum Partai Gerindra itu. 

"Dah lama dari kemarin-kemarin. Sudah dibicarakan dari kemarin-kemarin," tuturnya. 

Dalam kesempatan itu, Gibran juga belum mengamini saat ditanya Partai Nasdem bakal bergabung dengan kabinet yang akan disusunnya bersama Prabowo. Dia mengaku pihaknya masih membicarakan lebih intens terkait hal tersebut. 

"Nanti, nanti," imbuh Gibran. sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: