Tak Ada Jejak Rem di Lokasi Kecelakaan Bus Rosalia Indah

Oleh: Mufit
Kamis, 11 April 2024 | 19:30 WIB
Bus Rosalia Indah yang mengalami kecelakaan. (Foto/Humas Polda Jawa Tengah).
Bus Rosalia Indah yang mengalami kecelakaan. (Foto/Humas Polda Jawa Tengah).

BeritaNasional.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengungkapkan salah satu penyebab terjadinya kecelakaan tunggal Bus Rosalia Indah di KM 370 Tol Batang-Semarang.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan, berdasarkan hasil temuan tidak ditemukannya jejak rem pada Bus Rosalia Indah.

"Fakta di lapangan ini belum ditemukan jejak rem," kata Aan kepada wartawan, Kamis (16/4/2024).

Selain itu, lanjut Aan, penyebab terjadinya kecelakaan dikarenakan pengemudi bus yang membawa 34 penumpang tersebut kurang istirahat.

"Kemudian keterangan dari saksi terutama pengemudi bus ini keterangannya dari awal sedang lelah. Artinya kemungkinan terjadi microsleep di TKP sehingga terjadi kecelakaan tunggal," terangnya.

Lebih jauh, Aan mengatakan, pihaknya tengah menerjunkan tim untuk melakukan olah TKP guna mengungkap secara terang benderang penyebab kecelakaan tunggal tersebut.

"Olah TKP sedang berlangsung dari tim TAA Polda Jateng dan Polres untuk menentukan penyebab peristiwa kejadian kecelakaan itu," tukasnya.

Sebelumnya, Bus Rosalia Indah mengalami kecelakaan di kilometer 370 ruas Tol Semarang-Batang, Kamis (11/4/2024). 

Bus tersebut membawa penumpang dari Bekasi dengan tujuan Jawa Timur. 

Saat mencapai lokasi kejadian di kilometer 370, bus tersebut keluar jalur dan masuk ke parit sejauh 200 meter di sisi kiri jalan. Kecelakaan terjadi sekitar pukul 06.30 WIB.

Data dari kepolisian, dari 34 penumpang (termasuk sopir dan kondektur), tujuh orang meninggal dunia, termasuk kondektur bus yang sempat terjepit.

Sementara 15 orang mengalami luka-luka, dan sisanya (12 penumpang) selamat.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: