Luis Fuente Ungkap Persiapan Spanyol vs Italia di Euro 2024, Spalletti Bilang Ini Laga Final

Oleh: Tarmizi Hamdi
Kamis, 20 Juni 2024 | 18:30 WIB
Spanyol vs Italia di Euro 2024. (Foto/Tangkapan layar laman UEFA)
Spanyol vs Italia di Euro 2024. (Foto/Tangkapan layar laman UEFA)

BeritaNasional.com - Pertandingan besar tersaji dalam penyisihan grup B antara Spanyol kontra Italia di Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, Jerman, pada Jumat (21/6) pukul 02.00 dini hari WIB.

Pertandingan ini bisa menjadi penentu siapa yang lebih dulu lolos ke babak knockout Euro 2024. Sebab, di laga pertama, Spanyol dan Italia sama-sama meraih kemenangan.

Spanyol sukses meraih kemenangan dalam pertandingan pembuka di Berlin. Timnas berjuluk La Furia Roja ini mencetak tiga gol yang luar biasa di babak pertama dalam kemenangan melawan Kroasia. Yakni, Alvaro Morata di menit ke-29, Fabian Ruiz (‘32), dan Dani Carvajal (‘45+2).

Fabián Ruiz menjadi bintangnya dengan memberikan assist yang sempurna kepada Álvaro Morata sebelum menggandakan keunggulan dengan tendangan rendahnya.

Lamine Yamal yang berusia 16 tahun juga tampil cukup baik dengan umpan-umpan silangnya. Salah satunya, untuk gol Dani Carvajal.

Pelatih Spanyol Luis de la Fuente mengatakan bahwa Gli Azzuri merupakan contender yang berat, apalagi berstatus juara bertahan.

Tim asuhan Luciano Spalletti ini juga memiliki segudang pemain muda nan berkualitas. Sebut saja Donnarumma, Bastoni, Barella, Pellegrini, dan Chiesa.

"Italia adalah pesaing di setiap kompetisi internasional. Spanyol vs Italia adalah pertandingan klasik. Mereka memiliki pemain hebat, pelatih hebat, dan budaya sepak bola yang nyata. Mereka adalah salah satu tim nasional yang hebat,’’ ungkapnya yang dikutip dari laman UEFA pada Kamis (20/6).

Fuente optimistis timnya bisa memenangi pertandingan tersebut untuk memastikan diri lolos ke babak selanjutnya.

‘’Saya yakin ini akan menjadi pertunjukan yang hebat dan pertandingan yang hebat. Kami akan melakukan yang terbaik untuk memenangkannya,’’ tandasnya.

Sementara itu, saat di laga pembuka, Italia terlihat susah payah mengunci kemenangan melawan Albania. Tak bermain bagus di menit pertama karena tertinggal lebih dulu lewat gol cepat Bajrami, Donnarumma dkk akhirnya mampu membalikkan keadaan via gol Bastoni pada menit ke-11 dan Barella (‘16).

Diketahui, Azzurri mengalahkan Spanyol di dua turnamen terakhir mereka, yaitu menang 2-0 di babak 16 besar delapan tahun lalu sebelum meraih kemenangan adu penalti di semifinal di Wembley pada Euro 2020. Sang juara bertahan tetap fokus pada kelemahan Spanyol dan memaksimalkan peluang.

Pelatih Italia Luciano Spalletti menganggap setiap pertandingan adalah final. Dengan begitu, anak asuhnya akan berjuang mati-matian untuk memenangi pertandingan melawan Spanyol.

"Semua pertandingan adalah final. Semua pertandingan adalah sesuatu yang perlu diingat. Kami ingin memainkan gaya sepak bola yang sama seperti yang kami mainkan saat melawan Albania dan mengukur diri kami melawan salah satu tim terkuat di Eropa,’’ ucapnya.

Mantan pelatih AS Roma dan Inter Milan tersebut juga menginstruksikan pemainnya untuk mengambil inisiatif menyerang dan menguasai pertandingan.

‘’Saya yakin jika kami menyerahkan bola kepada mereka. Itu akan berakhir buruk bagi kami. Jadi, kami harus mengambil inisiatif dan melihat apakah kami mampu melakukannya melawan tim yang hebat,” tandasnya.

Prediksi Susunan Pemain

Spanyol: Unai Simón; Carvajal, Le Normand, Nacho, Cucurella; Fabián Ruiz, Rodri, Pedri; Yamal, Morata, Williams

Italia: Donnarumma; Di Lorenzo, Bastoni, Calafiori, Dimarco; Jorginho, Barella; Frattesi, Pellegrini, Chiesa; Scamaccasinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: