Canggihnya Hunian ASN di IKN, Serba Digital dan Terintegrasi

Oleh: Imantoko Kurniadi
Selasa, 13 Agustus 2024 | 14:40 WIB
Presiden Jokowi saat meninjau langsung salah satu tower hunian untuk ASN yang berada di Kawasan Ibu Kota Nusantara. (BeritaNasional/BPMI Setpres/ Muchlis Jr)
Presiden Jokowi saat meninjau langsung salah satu tower hunian untuk ASN yang berada di Kawasan Ibu Kota Nusantara. (BeritaNasional/BPMI Setpres/ Muchlis Jr)

BeritaNasional.com -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan langsung terhadap salah satu tower hunian untuk aparatur sipil negara (ASN) di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Senin (12/08/2024).

Dalam kunjungan tersebut, Presiden juga memeriksa sistem pengelolaan hunian ASN yang dirancang dengan teknologi modern dan digital, sebagai bagian dari upaya mewujudkan konsep smart city di ibu kota baru.

Selama peninjauan, Muin Fikri, Vice President Wholesale Solution Bank BNI Pusat, menjelaskan bahwa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerja sama dengan Bank Negara Indonesia telah mengembangkan sebuah platform digital untuk mengelola tower hunian ASN. Platform ini mencakup berbagai elemen smart building, smart home, smart tenant, dan smart payment.

“Proses registrasi ASN dilakukan secara digital. Setiap ASN yang akan menempati tower ini akan menerima email dengan QR code untuk verifikasi identitas saat tiba di lokasi. Data mereka akan diverifikasi menggunakan NIK dari Dukcapil, memastikan semua penghuni teregistrasi dengan benar,” kata Muin Fikri.

Penghuni tower akan menggunakan aplikasi yang menyediakan berbagai fitur kemudahan, termasuk sistem pemesanan pintar untuk layanan seperti laundry langsung dari tempat tinggal mereka.

Pembayaran untuk semua layanan dilakukan melalui aplikasi Wondr by BNI. Aplikasi ini juga memungkinkan penghuni untuk melaporkan kebutuhan perbaikan dan mengatasi keluhan secara digital.

“Pada saat serah terima hunian, seluruh proses dilakukan secara digital. Setiap kamar dilengkapi dengan fasilitas yang dapat diperiksa melalui aplikasi, dan kesepakatan akhir ditandatangani secara digital,” tambah Muin Fikri.

Untuk pengelola tower, telah disediakan dashboard untuk memantau hunian, memeriksa kamar yang kosong atau terisi, serta mengetahui posisi penghuni di dalam kompleks. Semua ini bertujuan untuk memastikan efisiensi dan kenyamanan penghuni dalam lingkungan yang modern dan terintegrasi.

Peninjauan ini mencerminkan komitmen pemerintah dalam menyediakan hunian ASN yang nyaman dan dilengkapi dengan teknologi canggih untuk mendukung gaya hidup modern di Ibu Kota Nusantara.

Dengan penerapan sistem digital, diharapkan pengelolaan dan pelayanan dapat berjalan lebih efektif dan efisien, sesuai dengan visi IKN sebagai smart city.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: