Monkeypox di Afrika Tak Terkendali

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 20 September 2024 | 22:00 WIB
Monkeypox di Afrika tak terkendali (Foto/Freepik)
Monkeypox di Afrika tak terkendali (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - CDC Africa atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Afrika mengingatkan tentang kecenderungan meningkatnya kasus Monkeypox (Mpox) alias cacar monyet yang makin tak terkendali di seluruh benua tersebut.

“Kami bisa mengatakan sekarang bahwa Mpox tidak terkendali di Afrika,” kata Direktur Jenderal Africa CDC, Jean Kaseya.

Kaseya mengatakan, sudah terjadi peningkatan 177 persen dalam jumlah kasus Mpox. Peningkatan 38,5 persen dalam jumlah kematian di 15 negara Afrika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Dalam sepekan terakhir, tercatat 2.912 kasus baru dan 14 kematian, sehingga CDC Africa menekankan perlunya memperkuat langkah-langkah pengawasan untuk menahan penyebaran penyakit cacar monyet tersebut.

Afrika telah mencatat lebih dari 29.000 kasus dan 738 kematian tahun ini, menurut data terbaru dari Africa CDC.

Kaseya juga menyoroti tantangan kurangnya kapasitas pengujian dan laboratorium. Ia berharap, Afrika bisa segera menerima 10 juta dosis vaksin dari mitra untuk menghentikan penyebaran.

“Mari kita bicarakan vaksinasi. Kami memiliki cerita sukses, kami mulai (vaksinasi) di Rwanda dengan 500 orang yang divaksinasi,” ujarnya dikutip dari Antara.

CDC Africa menyebutkan, Rwanda menerima 1.000 dosis vaksin dari Nigeria berdasarkan kesepakatan bilateral dari alokasi 10.000 dosis yang diterimanya dari Amerika Serikat.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: