Kembali ke Bukit Tidar, Menhan Sjafrie Sjamsoeddin Nostalgia saat Jadi Taruna Akmil

Oleh: Bachtiarudin Alam
Sabtu, 26 Oktober 2024 | 21:05 WIB
Menhan Sjafrie Sjamsoeddin Nostalgia saat Jadi Taruna Akmil. (Foto/Istimewa).
Menhan Sjafrie Sjamsoeddin Nostalgia saat Jadi Taruna Akmil. (Foto/Istimewa).

BeritaNasional.com - Menteri Pertahanan RI, Sjafrie Sjamsoeddin ternyata memiliki kesan tersendiri ketika menghadiri pembekalan Kabinet Merah Putih yang dipimpin oleh Presiden RI Prabowo Subianto di Lembah Tidar, Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah.

Karena lokasi tersebut merupakan tempat bersejarah bagi Sjafrie Sjamsoeddin sebagai Letnan Jenderal Purn TNI yang memulai perjalanan awal karir sebagai sebagai taruna di Akademi Militer (Akmil). 

“Kawasan Bukit Tidar dikenal sebagai tempat berdirinya Akmil, yang telah melahirkan generasi-generasi perwira Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD), termasuk Menhan Sjafrie Sjamsoeddin,” tulis keterangan resmi dari Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Sabtu (26/10/2024).

Kehadirannya selama pembekalan kabinet ini tidak hanya menjadi bagian dari tugasnya sebagai Menteri Pertahanan. Tetapi juga membawa kenangan saat Menhan Sjafrie ditempa dan dilahirkan menjadi perwira TNI AD di masa lalu. 

Menhan Sjafrie Sjamsoeddin yang lahir di Makassar, masuk Akmil pada tahun 1971 dan lulus pada 1974. Setelah lulus, Menhan Sjafrie Sjamsoeddin lama bertugas di Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Dalam suasana yang sarat dengan nilai-nilai keprajuritan, Menhan Sjafrie Sjamsoeddin mengenang perjuangan di masa muda yang menginspirasi komitmennya untuk mengabdi kepada bangsa dan negara. 

“Kini, Menhan Sjafrie kembali ke tempat bersejarah tersebut dengan semangat baru untuk membangun Indonesia bersama jajaran Kabinet Merah Putih di bawah kepemimpinan Presiden Prabowo,” pungkasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: