Ini Alasan Masyarakat Pilih Mudik Lebih Awal

Oleh: Mufit
Rabu, 27 Maret 2024 | 17:07 WIB
Suasana Stasiun Gambir. (Foto/Mufit)
Suasana Stasiun Gambir. (Foto/Mufit)

Indonesiaglobe.id - Sebagian masyarakat memilih untuk melakukan mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijirah lebih awal, melalui Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (26/3/2024).

Salah satu penumpang bernama Syarif Hidayatullah (33) mengaku, melakukan mudik lebih awal untuk menghindari penumpukan penumpang jelang lebaran.

"Saya kan sudah libur Mas, sudah mengajukan cuti di tempat saya bekerja karena lebaran tahun lalu tidak mengambil cuti lebaran," ungkap Syarief.

Pria dua anak itu mengaku, ingin melakukan mudik ke Semarang, Jawa Tengah. Namun, terlebih dahulu mudik ke kampung halaman istirnya di Bandung, Jawa Barat.

"Ini kita mau ke Bandung dulu ke kampung halaman istri, paling tinggal tiga hari lebaran baru ke Semarang," ucapnya.

Sementara itu, penumpang wanita bernama Intania (28) mengaku memilih mudik lebih awal karena sudah mendapatkan cuti libur lebaran.

Namun bedanya, Intana hanya mendampat cuti lebaran sekita delapan hari. Sehingga dirinya tetap harus kembali ke Jakarta sebelumnya lebaran.

"Saya ingin mudik ke Bandung karena sudah libur, tapi sebelum lebaran harus balik lagi ke Jakarta karena liburannya cuma delapan hari," kata dia sambil tertawa.

Berdasarkan pantauan indonesiaglobe.id, Rabu (27/3/2024) situasi di Stasiun Gambir di siang hari masih terpantau lenggang. 

Belum ada penumpukan penumpang, apalagi suasan arus mudik lebaran. Terlihat kursi di ruang tunggu banyak kosong.

Petugas keamanan juga cukup leluasa bekerja dengan situasi yang sepi tersebut. Beberapa penumpang mengaku hanya hendak ke Bandung, Jawa Barat, dan kembali ke Jakarta sebelum Lebaran.

Untuk diketahui, PT Kereta Api (KAI) Daerah Operasi Daop 1 Jakarta memperediksi mudik lebaran di Stasiun Gambir dan Pasar Senen akan jatuh pada 8 April 2024.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: