Titip Pesan ke Prabowo soal Perbaiki Sistem Pemilu, SBY: In You, We Trust!

Oleh: Panji Septo R
Kamis, 28 Maret 2024 | 04:23 WIB
Capres terpilih Prabowo Subianto saat silaturahim dan buka puasa bersama dengan Partai Demokrat di Jakarta, Rabu (27/3/2024). (Indonesiaglobe/Oke Atmaja).
Capres terpilih Prabowo Subianto saat silaturahim dan buka puasa bersama dengan Partai Demokrat di Jakarta, Rabu (27/3/2024). (Indonesiaglobe/Oke Atmaja).

Indonesiaglobe.id - Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mempercayakan perubahan dan perbaikan dalam sistem pemilihan umum (pemilu) kepada Presiden terpilih di Pilpres 2024 Prabowo Subianto.

Menurut SBY, banyak hal yang mesti dipelajari baik-baik pada Pemilu 2024. Ia menilai ada hal baik dan buruk dalam kontestasi politik tersebut.

“Yang mengganggu pikiran kita adalah Pemilu kita ternyata ongkos politiknya makin besar melampaui batas kewajaran,” ujar SBY di Hotel The St. Regis Jakarta, Rabu (28/3/2024) malam.

SBY berterus terang bahwa politik uang pada Pemilu 2024 lebih marak dari pada kontestasi politik sebelumnya. Menurut dia, hal tersebut tidak boleh terjadi.

“Politik uang makin menjadi-jadi. Ini mesti diselamatkan. Kita tidak boleh menyalahkan rakyat, tetapi ada sesuatu yang perlu diperbaiki,” tuturnya.

Ketua majelis tinggi Partai Demokrat itu juga menilai perlu adanya perubahan dalam sistem pemilu untuk disempurnakan. Hal itu, kata SBY, agar pemilu lima tahun yang akan datang makin baik.

“Perlu diubah dan tentunya disempurnakan agar Pemilu 5 tahun mendatang dan seterusnya menjadi Pemilu yang baik,” kata dia.

SBY menegaskan bahwa pemilu merupakan masa depan Indonesia. Oleh sebab itu, diirnya menitipkan misi sejarah tersebut kepada Prabowo untuk melakukan perubahan dan perbaikan.

“Melakukan perubahan dan perbaikan atas sistem pemilu yang lebih tepat dan lebih baik bagi bangsa Indonesia. Itu saja yang ingin saya sampaikan in you Bapak Prabowo we trust,” tandasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: