Arus Mudik Lebaran

Pertama Kalinya, Polri akan Terjunkan Drone untuk Pantau Arus Mudik Lebaran

Oleh: Mufit
Jumat, 05 April 2024 | 07:32 WIB
Gerbang tol. (Foto/Jasa Marga).
Gerbang tol. (Foto/Jasa Marga).

Beritanasional.com - Korlantas Polri akan menggunakan drone untuk memantau situasi lalu lintas pada masa arus mudik dan balik Lebaran 2024. Drone ini memiliki jangkauan seluas 20 KM.

Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Raden Slamet Santoso mengatakan, penggunaan drone ini merupakan pengembangan dari pelaksanaan Operasi Ketupat Jaya tahun lalu.

"Sehingga, untuk penggunaan drone ini kita baru gunakan tahun ini. Tadi sudah disampaikan (jangkauannya) sampai bisa 20 KM untuk pantauannya dari titik terbang," kata Slamet di Command Center Korlantas Polri KM 29 Gerbang Tol Cikarang Utama, Bekasi, Kamis (4/4/2024).

Slamet menjelaskan, drone tersebut memiliki kemampuan zoom sampai 30 kali lipat dan bisa langsung disebarkan kepada pemudik melalui SMS Blast.

Tujuannya, agar pemudik bisa langsung mengetahui kondisi jalur di depannya sedang padat atau tidak.

"Sehingga ketika datang ke tempat lokasi, tidak untuk menganalisis, tetapi untuk mengeksekusi," terangnya.

"Dengan begitu maka nanti kecelakaan-kecelakaan termasuk mobil mogok misalnya, itu kita harapkan dalam waktu yang singkat bisa terdeteksi dan bisa dilakukan penindakan atau aktivitas untuk perbantuan," imbuhnya.

Selain itu, mantan Wakapolda DIY ini menjelaskan, drone ini juga berfungsi untuk mengcover blank spot yang tidak terjangkau oleh CCTV. Sehingga, analisis data dari CCTV dan drone bisa dikomparasikan.

"CCTV yang tersedia itu dipasang di setiap 500 meter. Sehingga ada wilayah yang blank spot, yang tidak tercover oleh CCTV yang menyebabkan perhitungan tidak terlalu akurat. Nah dengan adanya drone ini, maka blank spot itu akan terhubung," tuturnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: