Indonesia Berlaga di Piala Thomas-Uber 2024, Komjen Fadil: Apinya Dijaga hingga Olimpiade

Oleh: Tarmizi Hamdi
Rabu, 24 April 2024 | 12:00 WIB
Tim putri di ajang BATC. (Foto/Dok PBSI)
Tim putri di ajang BATC. (Foto/Dok PBSI)

BeritaNasional.com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) M. Fadil Imran menyatakan para atlet bulu tangkis Indonesia harus memanfaatkan ajang Piala Thomas dan Uber tahun ini sebagai penguat semangat menjelang Olimpiade Paris 2024.

“Thomas dan Uber Cup ini kejuaraan beregu. Suasananya agak berbeda dengan turnamen-turnamen sebelumnya yang bersifat perorangan. Semangat kebersamaan harus terbangun lebih kuat.,” kata mantan Kapolda Metro Jaya tersebut yang dikutip dari keterangan resmi PP PBSI pada Selasa (23/4).

Pria yang juga menjabat kepala Bagian Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri tersebut meminta para atlet menjaga momentum positif seperti dalam kejuaraan All England Open. 

Sebab, hasil kejuaraan beregu ini memengaruhi posisi unggulan dalam undian Olimpiade.

“Momentum positif sejak All England harus terus dijaga apinya hingga Olimpiade Paris nanti. Thomas dan Uber ini penting karena akan mempengaruhi posisi dalam drawing,” ujar Ketua Tim Adhoc Olimpiade Paris PBSI itu.

Di Piala Thomas Cup 2024, Indonesia mengirim Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Chico Aura Dwi Wardoyo, dan Alwi Farhan untuk sektor tunggal. 

Sementara itu, sektor ganda diisi Fajar Alfian, Rian Ardianto, Leo Rolly Carnando, Daniel Marthin, Bagas Maulana, dan Muhammad Shohibul Fikri.

Tim putri Indonesia diwakili Gregoria Mariska Tunjung, Komang Ayu Cahya Dewi, Ester Nurumi Tri Wardoyo, dan Ruzana mengisi di sektor tunggal, serta Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti, Meilysa Trias Puspitasari, Rachel Allessya Rose, Ribka Sugiarto, dan Lanny Tria Mayasari di sektor ganda.

“Intinya, dari hari ke hari kita menabung modal untuk menghadapi Olimpiade dengan lebih baik lagi. Kami sudah menerapkan sport science, analisis performa, big data, dan pendekatan psikologi olahraga,” kata pria berpangkat komisaris jenderal (Komjen) itu.

Diketahui, skuad bulu tangkis putra Indonesia berada dalam Grup C bersama dengan negara-negara kuat, yakni India, Thailand, dan Inggris. 

Sementara itu, terdapat 12 negara lainnya yang akan berpartisipasi pada turnamen beregu putra kali ini. China, Korea Selatan, Kanada, dan Australia berada dalam Grup A. Lalu Grup B diisi oleh Jepang, Taiwan, Jerman, dan Ceko. Selanjutnya, di Grup D ada Denmark, Malaysia, Hong Kong, dan Algeria.

Di sisi lain, tim bulu tangkis putri Indonesia juga berada dalam Grup C bersama dengan Jepang, Hong Kong, dan Uganda.

Undian Grup A untuk Piala Uber kali ini diisi oleh China, India, Kanada, dan Singapura. Sementara, di Grup B ada Thailand, Taiwan, Malaysia, dan Australia. Terakhir, Korea Selatan, Denmark, Amerika Serikat, dan Meksiko berada dalam Grup D pada drawing Piala Uber 2024.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: