Fakta-fakta Menarik tentang Kebakaran Kilang Pertamina Balikpapan

Oleh: Tarmizi Hamdi
Minggu, 26 Mei 2024 | 09:00 WIB
Ilustrasi kebakaran kilang Pertamina. (Foto/Freepik)
Ilustrasi kebakaran kilang Pertamina. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com -  Kebakaran kilang Pertamina Balikpapan terjadi pada Sabtu (25/5) dini hari pukul 05.06 WITA dan  dipadamkan pada pukul 07.30 WITA.

General Manager Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan Bayu Arafat menyatakan Tim Pemadam Kilang Balikpapan dengan didukung delapan mobil pemadam diturunkan dalam kejadian tersebut.

Pemadam statis (fire ground) yang berada di sekitar lokasi pun diaktifkan untuk membantu pemadaman dan melokalisir sumber panas.

Lokasi kejadian berada masih berada di area kilang sehingga tidak berdampak langsung kepada masyarakat. Namun kami juga terus memastikan bahwa kejadian ini tidak memberikan dampak pada masyarakat sekitar kilang. 

"Selain itu, monitoring produksi BBM juga kami lakukan untuk memastikan suplai ke masyarakat tidak terganggu," ungkap Bayu.

Ada beberapa fakta yang mengungkap terjadinya kebakaran kilang milik PT Kilang Pertamina Internasional Unit Balikpapan tersebut:

1. Tidak Ada Korban Jiwa

Kebakaran terjadi di area kilang minyak Pertamina Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (25/5) pukul 04.00 WIB. Pertamina memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Saat ini seluruh kegiatan operasional dihentikan untuk mengetahui penyebab kebakaran

General Manager Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan Bayu Arafat juga memastikan tidak ada korban jiwa atas kebakaran ini.

"Sekali lagi terima kasih kepada seluruh stakeholder atas doa dan dukungan yang diberikan, sehingga kejadian ini dapat segera ditangani dengan maksimal," ujarnya.

2. Kondisi masyarakat sekitar kilang kondusif

PT KPI Unit Balikpapan bekerja sama dengan sejumlah pihak agar masyarakat tetap kondusif, salah satunya juga berkoordinasi dengan Mitra Binaan Kampung Siaga Bencana (KSB) di wilayah Kampung Atas Air Kelurahan Margasari dan Kelurahan Baru Tengah, kata General Manager PT KPI Unit Balikpapan Bayu Arafat di Balikpapan, Sabtu.

"Kami kolaborasi dengan KSB yang ikut membantu pemantauan kondisi warga di ring satu perusahaan agar tetap tenang," katanya.

Masyarakat diharapkan tidak panik dan tetap tenang karena kebakaran sudah dikuasai dan api sudah dipadamkan, lanjut dia, serta berhasil di lokalisasi melalui penanganan intensif dan defensif.

"Lokasi kejadian masih berada di area kilang, sehingga tidak berdampak langsung kepada masyarakat," katanya.

3. Pasokan BBM di wilayah Balikpapan

PT Pertamina (Persero) menjamin pasokan bahan bakar minyak tetap berjalan normal meski pada Sabtu (25/5) dini hari terjadi kebakaran yang melahap Crude Distillation Unit (CDU) VI di Kilang Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

"Kebakaran tidak menyebabkan gangguan pada penyediaan BBM ke masyarakat," jelas General Manager Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan Bayu Arafat di Kota Balikpapan, Sabtu.

4. Penyebab Kebakaran Kilang Pertamina Balikpapan

Tim Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) Polri masih menelusuri sumber api penyebab peristiwa kebakaran Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, yang terjadi pada Sabtu (25/5) dini hari sekitar pukul 04.25 WITA.

"Sumber api masih ditelusuri dari mana, dan secara teknis tim sedang lakukan investigasi," kata Kepala Polresta (Kapolresta) Balikpapan Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Anton Firmanto di Balikpapan, Sabtu.

 sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: