Bertemu Jokowi, Prabowo Lapor soal Pembicaraan dengan Presiden Zelenskyy

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 06 Juni 2024 | 15:31 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianti. (Foto/Tim Prabowo).
Menteri Pertahanan Prabowo Subianti. (Foto/Tim Prabowo).

BeritaNasional.com - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melaporkan hasil pembicaraan diplomasi dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy kepada Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). Prabowo melaporkan hasil kunjungan ke Singapura dalam agenda IISS Shangri-La Dialogue Ke-21 yang digelar di Singapura. 

Prabowo mengatakan, Indonesia menawarkan bantuan kepada Ukraina untuk mendorong gencatan senjata atas konflik dengan Rusia.

"Saya lapor ke presiden pembicaraan saya terus berusaha meyakinkan presiden Zelenskyy, menawarkan jasa-jasa baik kita apakah Indonesia bisa membantu untuk mendorong ke arah gencatan senjata," kata Prabowo usai bertemu Jokowi.

Sayangnya, Ukraina masih belum setuju dengan tawaran perdamaian dari Indonesia.

"Beliau masih belum setuju dengan usul-usul kami. Tapi kami terus akan berusaha terus," kata Prabowo.

Prabowo mengungkap, Presiden Zelenskyy secara khusus meminta bertemu perwakilan Indonesia, yaitu dirinya sebagai menteri pertahanan. Zelenskyy menawarkan pertemuan untuk digelar di Geneva, Swiss.

"Tapi tentunya nanti presiden, menteri luar negeri akan menggodok mungkin juga bersama Menko Polhukam akan digodok sikap indonesia yang final apakah kita hadir atau tidak. Karena banyak negara mungkin merasa kalo KTT perdamaian semua unsur harus hadir, terutama Rusia harus hadir," ungkap Prabowo.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: