Idul Adha 2024, Pemprov DKI Periksa 68.560 Ekor Hewan Kurban

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 16 Juni 2024 | 14:16 WIB
Hewan Kurban untuk Idul Adha (Beritanasional/Elvis)
Hewan Kurban untuk Idul Adha (Beritanasional/Elvis)

BeritaNasional.com - Pemprov DKI Jakarta terus memonitor pemeriksaan kesehatan hewan kurban di Tempat Penampungan Hewan Kurban (TPnHK) menjelang Idul Adha 2024.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan, pihaknya memeriksa hewan kurban di 1.061 TPnHK yang tersebar di ibu kota.

"Hingga Kamis (13/6/2024), pemeriksaan dilakukan di lima wilayah Kota Administrasi DKI Jakarta yang tersebar di 1.061 TPnHK, dengan total hewan yang telah diperiksa sebanyak 68.560 ekor," kata Eli ketika dikonfirmasi, Minggu (16/6/2024).

Eli berujar hewan kurban yang masuk ke Jakarta itu berasal dari Jawa, Lampung, hingga Nusa Tenggara.

"Hewan kurban tersebut berasal dari Lampung, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur," ujar Eli.

Meski demikian, Eli mengungkapkan bahwa terdapat 81.070 ekor hewan kurban yang masuk ke Jakarta. Dari jumlah itu, sebanyak 70.126 ekor dilakukan pemotongan di Jakarta. 

"Pada 2024, hewan kurban yang masuk ke Jakarta diprediksi naik 2,5 persen, dengan potensi hewan yang dipotong di Jakarta naik sebesar 1,5 persen," ucap Eli.

Tak hanya itu, lanjut Eli, Dinas KPKP telah melaksanakan monitoring terhadap penyakit Anthrax di TPnHK. Hasilnya, sebanyak 226 sampel preparat ulas darah dinyatakan bebas Anthrax berdasarkan hasil uji laboratorium.

"Kegiatan ini masih terus berlanjut seiring dengan kedatangan hewan kurban lainnya yang masuk ke DKI Jakarta. Ini sudah dilakukan sejak awal Juni 2024 untuk menjamin kesehatan dan kelayakan hewan kurban. Kegiatan ini akan terus dilakukan sampai H+3 (hari tasyrik)," jelas Eli

"Dapat dipastikan, seluruh hewan kurban yang ada di tempat penampungan hewan sudah diperiksa kesehatannya dan sesuai syariat Islam," tambahnya.

 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: