Idul Adha, Tak Ada Kurban di Gaza

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Senin, 17 Juni 2024 | 16:09 WIB
Kondisi warga Gaza sangat mengenaskan (Foto/UNRWA)
Kondisi warga Gaza sangat mengenaskan (Foto/UNRWA)

BeritaNasional.com - Di Khan Younis, Jalur Gaza, warga Palestina mengadakan Salat Id di antara reruntuhan bangunan. Di tengah perang yang berkecamuk, warga memperingati Idul Adha tanpa kemeriahan sedikitpun.

Mereka membentangkan sajadah di sela puing-puing bangunan yang hancur. Kemudian segelintir anak mengenakan pakaian tradisional jalabiya untuk ikut salat berjamaah.

Mahmoud Abdel Jawad, salah seorang warga di sana, mengatakan, “Saat ini kita berada di sekitar Masjid Al-Amal. Sebagai muslim, kami mengikuti Salat Id. Seperti yang Anda tahu, bagi muslim, Idul Adha adalah saatnya berkurban, tapi Idul Adha kali ini tidak ada tanda-tanda perayaan. Tidak ada hewan kurban. Kini justru kami yang mengorbankan diri kami sendiri, kami mengorbankan tubuh kami sendiri. Tidak ada perayaan Idul Adha di Gaza.”

Warga Palestina menerima bantuan selama serangan Israel di Jalur Gaza di Rafah, 9 Januari 2024. Pasokan makanan kini terancam, dan mereka yang mengungsi akibat serangan tersebut menghadapi krisis kesehatan masyarakat, kata seorang pejabat senior PBB.

Dikutip dari VOA,  di Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, Salat Id diikuti ribuan muslim, hari Minggu. Laki-laki, perempuan dan anak-anak sudah tiba di Kota Tua Yerusalem sejak matahari terbit untuk menuju situs suci bagi umat Islam dan Yahudi itu.

 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: