Hasil Euro 2024: Inggris Comeback Dramatis dari Belanda, Hadapi Spanyol di Final

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Kamis, 11 Juli 2024 | 06:50 WIB
Timnas Inggris melakukan selebrasi usai melaju ke babak final (Foto/uefa.com)
Timnas Inggris melakukan selebrasi usai melaju ke babak final (Foto/uefa.com)

BeritaNasional.com - Timnas Inggris akan menghadapi Spanyol di Final Euro 2024. Kepastian itu didapatkan sai Inggris mengalahkan Belanda di babak semifinal Euro 2024 dengan skor 2-1 di Signal Iduna Park, Kamis (11/7/2024) dini hari WIB.

Inggris menang dramatis setelah pemain pengganti Ollie Watkins melesatkan gol di babak injury time babak kedua. Hasil ini membuat Belanda harus gigit jari karena sebelumnya sudah unggul 1-0 kemudian disamakan di 1-1 dan tertinggal menjadi 2-1.

Sejak babak awal berlangsung, pertandingan berjalan seru. Baik Inggris maupun Belanda sama-sama melancarkan serangan guna mencari gol cepat.

Belanda unggul lebih dulu saat pertandingan berjalan tujuh menit. Adapun gol dilesakkan Xavi Simons usai Declan Rice melakukan kesalahan dan mengakibatkan bola hilang.

Xavi Simons merebut bola tersebut dan melepaskan tembakan keras dari luar kota penalty dan tak mampu dihalau oleh Jordan Pickford. Skor 1-0 keunggulan Belanda.

Inggris memberikan respons mencetak gol usai mendapatkan hadiah penalti. Berawal dari aksi individu Bukayo Saka dan mengakibatkan skrimit di kotak penalti, lalu Harry Kane beradu kaki dengan Denzel Dumfries yang mencoba blok tendangan.

Wasit melakukan pengamatan lewat Video Assistant Referee (VAR) kemudian memberikan hadiah penalti. Kane menjadi eksekutor melakukan tugasnya dengan baik dan skor menjadi 1-1.

Babak pertama pun ditutup dengan skor 1-1.

Di babak kedua, Inggris bermain tidak seperti di babak pertama. Begitu juga dengan Belanda yang nampak bermain hati-hati untuk tidak kebobolan.

Minim peluang terjadi di babak kedua. Pertandingan seakan bakal berlangsung ke perpanjangan waktu malah Inggris mampu menciptakan gol lewat pemain pengganti Ollie Watkins.

Gol itu bermula Cole Palmer memberikan umpan dan diterima oleh Ollie Watkins.  Tembakan keras Watkins dari sudut sempit mengarah ke sudut kanan gawang tanpa mampu dibendung Verbruggen. Skor berubah menjadi 2-1 keunggulan Inggris. 

Hasil ini sekaligus mengantarkan Inggris ke final Euro 2024. Nantinya partai yang akan berlangsung pada tanggal (14/7/2024) bakal menyajikan Spanyol vs Inggris.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: