Final Euro 2024 Dipimpin Wasit yang Pernah Usir Shin Tae-yong!

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Jumat, 12 Juli 2024 | 19:59 WIB
Wasit asal Prancis, Francois Letexier. (Foto/uefa.com)
Wasit asal Prancis, Francois Letexier. (Foto/uefa.com)

BeritaNasional.com - Wasit asal Prancis, Francois Letexier akan memimpin pertandingan partai final Euro 2024 antara Spanyol vs Inggris di Olympiastadion, Berlin, Senin (15/7/2024) dini hari WIB. Wasit Francois ternyata pernah memberikan keputusan yang merugikan Timnas Indonesia U-23.

Saat bertugas di partai final, Francois Letexier  bakal didampingi oleh wasit asal Prancis lainnya yakni Cyril Mugnier dan Mehdi Rahmouni. Lalu, wasit keempat yaitu Szymon Marciniak berasal dari Polandia.

Sementara, untuk  Video Assistant Referee (VAR) yakni Jerome Brisard asal Prancis, VAR Assistant Willy Delajod asal Prancis dan VAR Support yakni Massimiliano Irrati asal Italia.

Selama Euro 2024, Francois Letexier  memimpin di tiga pertandingan dan dua di antaranya berada di fase grup. Kemudian ia sempat memimpin partai antara Spanyol vs Georgia di babak 16 besar Euro 2024.

Bagi pecinta sepak bola Indonesia, Francois Letexier pastinya bukan hal yang asing. Ia pernah memimpin laga Indonesia vs Guinea di babak playoff Olimpiade Paris 2024 di tanggal 9 Mei lalu di INF Clairefontaine, Prancis. 

Saat itu, Garuda Muda harus tunduk dengan skor 0-1. Dalam pertandingan tersebut, Francois Letexier membuat keputusan yang kontroversi dan merugikan Timnas Indonesia U-23. Semisalnya memberikan dua penalti kontroversial kepada Guinea.

Penalti pertama bagi Guinea setelah Witan Sulaeman dianggap melakukan pelanggaran kepada pemain Guinea. Jika dilihat dari replay sejatinya pemain Guinea terjatuh di luar kotak penalti. Alhasil akibat penalti kontroversial tersebut Ernando Ari harus kejebolan dari Ilaix Moriba.

Keputusan penalti kedua diberikan Francois Letexier kepada Guinea usai Alfeandra Dewangga yang sebetulnya melakukan tekel terkena bola saat berebut bola dengan pemain Guinea.. Alhasil titik putih diberikan ke Guinea, tetapi berhasil dipatahkan oleh Ernando Ari.

Tidak sampai disitu, Francois Letexier juga mengusir alias memberikan kartu merah kepada pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong. Ia memberikan kartu merah kepada STY karena dianggap melakukan protes berlebihan.

Diketahui, pelatih asal Korea Selatan itu protes keras karena tidak puas dengan keputusan Francois Letexier. Laga sempat tertunda karena STY tidak mau keluar lapangan usai diberikan kartu merah oleh Francois Letexier.

Jadi, apakah Francois Letexier akan menghasilkan keputusan kontroversial di final Euro 2024 antara Spanyol vs Inggris? Patut dinantikan.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: