Nistelrooy Come Back ke Man United, Kini Jadi Anak Buah Erik Ten Hag

Oleh: Tarmizi Hamdi
Minggu, 14 Juli 2024 | 10:00 WIB
Ruud van Nistelrooy. (Foto/Premier League)
Ruud van Nistelrooy. (Foto/Premier League)

BeritaNasional.com - Manchester United (Man United) telah mengumumkan bahwa mantan pemain Ruud van Nistelrooy bergabung sebagai staf pelatih Erik ten Hag.

Van Nistelrooy bermain untuk Man Utd dari 2001 hingga 2006 dan telah menjadi asisten manajer baru klub tersebut hingga Juni 2026 dengan bergabungnya Rene Hake.

“Saya sangat senang bahwa Rene dan Ruud telah setuju untuk bergabung dengan proyek kami, menambah banyak pengalaman, pengetahuan, dan energi baru bagi staf,” kata Ten Hag kepada situs web resmi klub Man United pada Kamis (11/7/2024).

“Sekarang adalah waktu yang tepat untuk menyegarkan tim pelatih karena kami ingin melanjutkan pencapaian selama dua tahun terakhir dan melaju ke level berikutnya.”

Setelah pensiun pada 2012, Van Nistelrooy memulai karier kepelatihannya sebagai asisten tim nasional Belanda sebelum naik pangkat di sistem akademi PSV Eindhoven. 

Ia kemudian menjadi pelatih kepala PSV untuk musim 2022-2023, memenangkan Piala KNVB dan Johan Cruyff Shield sebelum meninggalkan klub Belanda itu pada Mei 2023. 

Dalam wawancara dengan The Coaches' Voice pada Juni, Van Nistelrooy mengungkapkan kekagumannya terhadap pelatih Belanda, termasuk Ten Hag.

“Ini menjadi motivasi bagi saya untuk terus belajar, terus meningkatkan diri, dan mungkin suatu hari nanti mengambil langkah untuk menunjukkan bahwa saya mampu melakukannya. Ini tantangan yang fantastis, dan saya tidak sabar untuk melakukannya.”

Kini mantan pemain internasional Belanda itu kembali ke Man Utd sebagai pelatih, setelah pertama kali bergabung dengan klub sebagai pemain pada Juli 2001.

Dia mencetak dua gol pada debutnya di Liga Primer melawan Fulham dalam kemenangan 3-2 di Old Trafford , yang menjadi awal bagi waktunya di divisi utama.

Secara total, pemain asal Belanda itu mencetak 95 gol dalam 150 penampilan liga untuk Setan Merah, memenangkan gelar liga, penghargaan Pemain Terbaik Musim Ini, dan Sepatu Emas pada tahun 2002/03.

Ia juga memenangkan Piala FA dan Piala Liga selama waktunya bersama Man United sebelum berangkat pada bulan Juli 2006 ke Real Madrid.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: