Hasil Euro 2024: Spanyol Juara Dramatis, Kubur Mimpi Inggris Raih Trofi

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Senin, 15 Juli 2024 | 04:20 WIB
Timnas Spanyol merayakan kemenangan dari Inggris. (Foto/uefa.com)
Timnas Spanyol merayakan kemenangan dari Inggris. (Foto/uefa.com)

BeritaNasional.com - Timnas Spanyol berhasil menyandang predikat gelar juara Euro 2024 usai mengalahkan Inggris di partai Final yang berlangsung di Berlin, Jerman, Senin (15/7/2024) dini hari WIB. Spanyol menang dramatis dengan skor 2-1 dari Inggris.

Sejak menit awal pertandingan berlangsung dengan tempo cepat. Kedua tim saling melancarkan jual beli serangan untuk mencari gol terlebih dahulu.

Namun, tempo cepat hanya berlangsung di 20 menit awal saja. Selebihnya, permainan berjalan lambat dan tidak ada peluang yang berbahaya di raih oleh kedua tim.

Skor babak pertama pun berakhir imbang 0-0.

Di babak kedua, Spanyol langsung menggebrak lini pertahanan Inggris. Bahkan, La Furia Roja membuka gol lebih dahulu lewat Nico Williams di menit ke-47.

Gol ini berawal dari aksi individu Lamine Yamal berlari mengarah ke kotak penalti dan memberikan bola kepada Nico Williams yang muncul dari lini kedua. Karena tak mendapat kawalan, Nico Williams pun melepaskan shootingan mendatar dan tak bisa diantisipasi oleh Pickford.

Skor berubah menjadi 1-0 keunggulan Spanyol dari Inggris.

Spanyol bermain terbuka dan menciptakan beberapa peluang berbahaya. Semisalnya lewat Dani Olmo dan Alvaro Morata. Hanya saja, peluang yang dihasilkan tidak bisa dikonversi menjadi sebuah gol.

Untuk memberikan respons atas permain Spanyol, Gareth Southgate menarik Harry Kane dan memasukan Ollie Watkins. Begitu juga dengan memasukan Cole Palmer yang menggantikan Kobbie Maino dan hasilnya positif.

Cole Palmer mencetak gol di menit ke-73. Gol ini berawal dari serangan di sisi kiri pertahanan Spanyol oleh Bukayo Saka dan memberikan bola kepada Jude Bellingham.

Bellingham melihat ada pergerakan dari Palmer yang tak mendapatkan pengawalan. Pemain Chelsea itu melepaskan tembakan kaki kiri mendatar dan meluncur deras ke gawang Spanyol. Skor berubah menjadi 1-1.

Pertandingan berjalan semakin seru, Spanyol kembali mengurung lini pertahanan Inggris. Beberapa serangan dilakukan semisalnya lewat kaki Laminel Yamal pada menit ke-82.

Saat laga akan berakhir imbang, Spanyol malah mencetak gol dramatis lewat Mikel Oyarzabal di menit ke-86. Gol ini berawal Marc Cucurella yang memberikan umpan mendatar ke dalam kotak penalti dan disambar oleh Mikel Oyarzabal. Gol Spanyol berbalik unggul menjadi 2-1 atas Inggris.

Di menit akhir waktu normal. Inggris nyaris menyamakan kedudukan lewat set piece sepak pojok yang dilepaskan oleh Cole Palmer. Sundulan Declan Rice bisa diblok oleh Unai Simon dan bola liar berada di dalam kotak penalti.

Bola liar lalu bisa disundul Marc Guehi ke arah gawang. Di saat bola akan melewati garis, Dani Olmo berada di posisi yang tepat untuk menghalau bola dengan kepalanya. 

Bola kembali mengarah ke Declan Rice, tetapi sundulannya kali ini membuat bola melayang di atas gawang. Skor masih 2-1 keunggulan Spanyol atas Inggris.

Hingga wasit meniup peluit akhir pertandingan, tak ada lagi gol tercipta alias Spanyol meraih gelar juara Euro 2024.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: