Prabowo Dampingi Jokowi pada Upacara Prasetya Perwira TNI-Polri 2024

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 16 Juli 2024 | 17:10 WIB
Menhan Prabowo Subianto (kiri, duduk) saat akan Upacara Prasetya Perwira TNI-Polri 2024. (Foto/Tim Prabowo)
Menhan Prabowo Subianto (kiri, duduk) saat akan Upacara Prasetya Perwira TNI-Polri 2024. (Foto/Tim Prabowo)

BeritaNasional.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Upacara Prasetya Perwira TNI dan Polri Tahun 2024 di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (16/7/2024).

Dalam rangkaian upacara tersebut, Presiden Jokowi melantik dan mengambil sumpah 906 calon perwira remaja (capaja) sebagai perwira TNI-Polri yang telah menyelesaikan pendidikan di Akademi TNI dan Akademi Kepolisian. 

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan selamat dan mengapresiasi atas pelantikan Perwira Remaja TNI dan Polri.

“Saya bangga saudara-saudara telah lolos dari proses pembelajaran yang sangat berat, fisik dan mental, akademik dan keterampilan. Saya bangga saudara-saudara telah menguasai banyak ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata Jokowi.

Meski demikian, Jokowi juga mengingatkan bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini berkembang pesat sehingga disrupsi terus berlangsung. Karena itu, banyak hal baru bermunculan.

“Saat ini, banyak disrupsi sedang berlangsung. Revolusi industri 4.0 dan society 5.0. Digitalisasi, otomasi, dan kecerdasan buatan. Ketegangan geopolitik dan perang dagang. Perubahan iklim dan transisi energi. Semuanya berlangsung dengan sangat cepat,” ujar Jokowi.

Presiden berpesan kepada Perwira Remaja TNI dan Polri untuk selalu mengikuti perubahan-perubahan tersebut dan belajar ilmu pengetahuan dan keterampilan-keterampilan baru.

“Jadilah pembelajar yang cepat dan terampil. Di bidang pertahanan misalnya, kita berada di generasi yang kelima. Tidak semata-mata perang fisik, tetapi juga aksi militer nonkinetik, serta perang siber yang bisa melumpuhkan fungsi keamanan, fungsi pertahanan dan fungsi pelayanan publik,” ucap Jokowi.

“Siapkan diri saudara untuk mengabdi kepada bangsa dan negara. Selalu setia dan siap untuk berkorban. Selalu memimpin dengan hati, penuh kebijakan dan kebajikan. Pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan delapan Wajib TNI. Pegang teguh Tri Brata dan Catur Prasetya Polri. Jaga soliditas dan kekompakan TNI-Polri. Cintailah bangsamu, cintailah rakyatmu. Selamat berjuang dan bertugas, tunaikan janji baktimu,” tambah Jokowi.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: