Hasil Pertandingan Piala Presiden 2024: PSM Makassar Tahan Imbang Persis Solo

Oleh: Tim Redaksi
Senin, 22 Juli 2024 | 23:10 WIB
Pemain PSM dan Persis berebut bola di pertandingan lanjutan Piala Presiden di Stadion Si Jalak Harupat. (Foto/X @PSM_Makassar)
Pemain PSM dan Persis berebut bola di pertandingan lanjutan Piala Presiden di Stadion Si Jalak Harupat. (Foto/X @PSM_Makassar)

BeritaNasional.com - PSM Makassar berhasil come back secara dramatis setelah tertinggal dua gol atas Persis Solo pada pertandingan grup A Piala Presiden 2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Senin (22/7/2024).

Skor imbang  2-2 membuat PSM dan Persis masing-masing memiliki satu poin, dan menghuni posisi ketiga dan keempat di klasemen sementara grup A.

Di awal babak pertama, Ramadhan Sananta membawa Persis memimpin. Menerima bola panjang dari belakang kiriman Eduardo Kunde, Sananta yang lepas dari kawalan Yuran Fernandes menyelesaikan peluang itu dengan sepakan keras kaki kanan yang bersarang ke tiang jauh gawang PSM.

Tim Berjuluk Juku Eja itu terus berusaha menyamakan kedudukan. Namun, ketajaman PSM di depan gawang harus sedikit berkurang, akibat Adilson mengalami cedera. Ia kemudian digantikan pemain tengah Ananda Reyhan pada menit ke-24.

Laskar Sambernyawa, julukan Persis, justru mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-39. 

Diawali kesalahan operan kiper Muhammad Ardiansyah kepada Yuran, bola kemudian dikuasai Moussa Sidibe. 

Sepakan Sidibe dapat diblok pemain PSM, tetapi bola pantul kemudian mampu disambar Sananta untuk menjadi gol keduanya di laga ini. Skor 2-0 untuk keunggulan Persis menutup babak pertama.

PSM akhirnya mampu memperkecil ketertinggalan melalui situasi bola mati. Dari bola tendangan sudut Dzaky Asraf, bola disambut sundulan bek jangkung Yuran untuk melesak masuk ke gawang Persis pada menit ke-58.

Keberhasilan memperkecil ketertinggalan membuat PSM terlihat semakin bersemangat untuk memburu gol berikutnya.

Pada menit ke-68, pemain pengganti lainnya, Abdul Rahman, kali ini membuang peluang saat sepakannya melambung ke atas gawang Persis.

Peluang PSM diawali dari pergerakan dan umpan silang Nermin Hajelta dari sisi kiri pertahanan Persis, bola umpan silang Nermin dapat disambut tandukan Victor Luis Filho yang masih berhasil dihalau kiper Riyandi, tetapi kali ini Abdul Rahman bergerak cepat melesakkan bola pantul masuk ke gawang Persis. Skor kini imbang 2-2.

Pada fase akhir laga, wasit sempat memberikan kartu merah kepada Rian Miziar karena awalnya dinilai melanggar Nermin. 

Namun setelah dilakukan tinjauan VAR, ia membatalkan keputusan itu dan hanya memberikan kartu kuning kepada Rian. Skor imbang 2-2 bertahan sampai akhir laga.

Susunan Pemain:

Persis Solo: Muhamad Riyandi, Ricardo Lima, Eduardo Kunde, Giovani Numberi, Rizky Dwi, Sutanto Tan, Sho Yamamoto, Rendy Sanjaya, Ripal Wahyudi, Ramadhan Sananta, Moussa Sidibe

Pelatih: Milomir Seslija

PSM Makassar: Muhammad Ardiansyah, Yuran Fernandes, Aloisio Soares, Syahrul Lasinari, Victor Dethan, Rizky Eka, Latyl Fall, Muhammad Arfan, Ricky Pratama, Adilson Da Silva, Nermin Hajelta

Pelatih: Bernardo Tavaressinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: