Pilgub Jawa Tengah, PKB Ingin Pasangkan Gus Yusuf dengan Ahmad Luthfi hingga Kader PDIP

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 23 Juli 2024 | 16:17 WIB
Wasekjen PKB Syaiful Huda. (BeritaNasional/Ahda Bayhaqi).
Wasekjen PKB Syaiful Huda. (BeritaNasional/Ahda Bayhaqi).

BeritaNasional.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tegas akan mengusung Ketua DPD PKB Jawa Tengah M Yusuf Chudlori alias Gus Yusuf sebagai bakal calon gubernur Jawa Tengah. PKB terbuka berkoalisi dengan PDI Perjuangan atau partai-partai yang mengusung Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Wasekjen PKB Syaiful Huda mengakui ada peluang memasangkan Yusuf dengan kader PDI Perjuangan.

"Yang pasti kita mendukung Gus Yusuf. Jadi kalau ada pertanyaan apakah PKB punya calon, ada," kata Wasekjen PKB Syaiful Huda di JCC, Jakarta, Selasa (23/7/2024).

"Nah, mau dipasangkan ke mana Gus Yusuf? Apakah ke, misalnya ke PDIP, ke figur-figur yang lain, kita tunggu," sambungnya.

Di samping itu, PKB juga terbuka memasangkan Yusuf dengan Ahmad Luthfi. Tetapi, PKB menginginkan kadernya yang menjadi calon gubernur di Jawa Tengah. Karena PKB memiliki kursi yang besar.

"Ya kita pertimbangkan juga Pak Luthfi," ujar Huda.

"PKB pemenang kedua di sana. Artinya 20 kursi kita setelah PDIP. Artinya representasi kursi ini saya kira akan menjadi fatsun juga oleh partai yang lain," sambung ketua Komisi X DPR ini.

Menurut Huda, saat ini belum ada tokoh yang menonjol secara elektabilitas di Jawa Tengah. Karena Kaesang Pangarep atau Ahmad Luthfi masih belum mencapai angka di atas 10 persen. Masih ada 64 persen yang belum menentukan pilihan.

"Jadi hari ini untuk figur terbaik di Jateng itu belum ada. Yang belum menentukan pilihan 64 persen. Artinya emang masih cair banget Jawa Tengah," kata Huda.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: