Inilah 5 Kedai Kopi Legendaris di Pontianak

Oleh: Tim Redaksi
Rabu, 31 Juli 2024 | 03:00 WIB
Salah satu kedai kopi Aming di Jakarta. (Foto/Pergikuliner)
Salah satu kedai kopi Aming di Jakarta. (Foto/Pergikuliner)

BeritaNasional.com - Pontianak mendapatkan julukan sebagai Kota Seribu Warung Kopi. Julukan ini dapat terlihat dari banyaknya warung kopi yang tersebar di berbagai sudut kota dengan berbagai cita rasa dan aroma yang beragam.

Kini, aktivitas ngopi menjadi daya tarik dari destinasi wisata ini. Dari yang muda hingga tua jadikan waktu ngopi sebagai ajang silaturahmi, bersosialisasi, hingga mencari inspirasi sembari merasakan sensasinya yang nikmat.

Dari berbagai warung kopi yang ada di Pontianak, berikut 5 warung kopi legend yang gak boleh kelewatan dan harus dikunjungi.

1. Warung Kopi Asiang

Warung kopi legendaris yang merupakan bisnis warisan turun-temurun ini telah berdiri sejak tahun 1958. Ciri khas warung kopi ini adalah Pak Asiang, yang hampir setiap hari meracik kopi dengan bertelanjang dada. 

Warung kopi yang berada di Jalan Merapi ini telah mengalami renovasi dan diperluas untuk menampung membludaknya konsumen yang datang. 

Kini suasana lebih nyaman dengan desain interior baru yang dirancang agar tidak mengurangi nuansa legendaris warung kopi yang satu ini. 

Di lantai 2 juga disediakan ruang VIP yang diperuntukkan bagi tamu-tamu penting. Selain di Jalan Merapi, Kopi Asiang juga dapat kamu temui di Jalan Jenderal Ahmad Yani yang merupakan outlet baru dengan konsep modern.

2. Warung Kopi Aming

Warung kopi yang terletak di Jalan H. Abbas ini berdiri sejak tahun 1970, dan hingga kini kurang lebih telah berumur 53  tahun. 

Selain di gerai utamanya, para penikmat kopi juga dapat mengunjungi beberapa cabang Warung kopi Aming yang tersedia di berbagai gerai pusat perbelanjaan.

Kopi ini pun berhasil menjadi favorit berbagai generasi, terlihat dari ramainya pelanggan usia muda hingga tua yang mengunjungi Warung Kopi Aming dari pagi. Dan jangan lupa, jika berkunjung ke sini, kopi saring, kopi susu, dan telur setengah matang jadi menu andalan yang wajib dicobain. 

3. Warung Kopi Djaja

Warung kopi yang berada di Jalan Tanjung Pura Nomor 23, Pontianak ini didirikan pada tahun 1935. 

Meskipun telah berusia sekitar 88 tahun, dengan pengelola yang sudah berganti dari generasi ke generasi, warung kopi ini masih ramai dikunjungi dan dipadati pelanggan. 

Di sini, tersedia berbagai menu yang menggugah selera, seperti yang paling banyak diburu yaitu kopi susu dan kopi saring, dan beberapa makanan seperti pisang goreng, keladi goreng, dan roti bakar srikaya yang cocok dinikmati sambil menyeruput kopi. 

Kalau kamu ingin datang ke sini, warung kopi ini buka sejak pukul 04.00 hingga 23.00 WIB.

4. Warung Kopi Suka Hati

Berlokasi tidak jauh dari Warung Kopi Djadja, Warung kopi Suka Hati juga menjadi salah satu kopi legendaris dari tahun 1942 yang masih bertahan hingga saat ini. 

Warung ini berlokasi di jalan Tanjungpura, No. 17 dengan bangunan yang masih terlihat kokoh, dan desain yang tidak pernah berubah sejak zaman dahulu. 

Kopi susu dan pisang srikaya adalah menu favorit dari warung kopi Suka Hati yang harus kamu cicipi di sini.

5. Warung Kopi Winny

Satu lagi warung kopi legend yang wajib dirasakan kenikmatannya, warung kopi legend yang wajib dikunjungi yaitu warung Kopi Winny yang terletak di Jalan Gajahmada, Pontianak. 

Warung ini telah berdiri sejak tahun 1940 dan merupakan usaha turun temurun dari keluarga Heri Wonoto. 

Menu yang jadi favorit pengunjung di warung kopi ini adalah kopi susu pancong dan kopi hitam saring, beserta beberapa menu camilan lainnya, seperti pisang goreng kriuk, bakwan, tahu isi, dan lain sebagainya. 

Dahulu, di tahun 2002 tempat ini awalnya merupakan toko kelontong yang disulap menjadi warung kopi dengan hanya delapan hingga sembilan meja dan penjualan hanya sekitar puluhan cangkir per hari. 

Namun, warung kopi ini terus berkembang mencapai 30-40 meja hingga telah lebih luas seperti saat ini. sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: