Paskibraka Matangkan Persiapan Upacara HUT Ke-79 RI di IKN

Oleh: Tim Redaksi
Jumat, 02 Agustus 2024 | 11:00 WIB
Suasana persiapan Paskibraka untuk upacara HUT RI di IKN. (Foto/Otorita IKN)
Suasana persiapan Paskibraka untuk upacara HUT RI di IKN. (Foto/Otorita IKN)

BeritaNasional.com - Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tengah menjalani pelatihan intensif di Cibubur, Jakarta, dengan menunjukkan dedikasi dan semangat yang luar biasa dalam persiapan menyambut upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Selama pelatihan, Paskibraka didampingi oleh DPPI (Duta Pancasila Paskibraka Indonesia) yang bertindak sebagai pamong atau pengasuh serta Wakil Kepala BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila) yang bertanggung jawab langsung atas pembinaan ideologi dan disiplin para anggota.

Para Calon Paskibraka Tingkat Pusat 2024 juga menunjukkan kesiapan mereka menyambut Upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan RI. 

Bergitha Dimara, calon Paskibraka Tingkat Pusat 2024 asal Provinsi Papua Tengah, siap mengukir sejarah sebagai Paskibraka yang akan mengibarkan Sang Merah Putih di Nusantara untuk pertama kalinya. 

“Meskipun saat ini kami memiliki porsi latihan yang cukup padat, rekan-rekan dan kakak-kakak pamong sangatlah suportif untuk terus memotivasi satu sama lain sebagai angkatan pertama yang akan mengibarkan bendera di Nusantara pada Perayaan Upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan RI,” ucap Bergitha.

Calon Paskibraka Tingkat Pusat 2024 asal Provinsi Aceh, Muhammad Yusran Ar-Razzaq merasa senang akan kesempatan menjadi Paskibraka di Nusantara. 

“Jauh dari keluarga bukan menjadi alasan bagi saya untuk tidak bekerja keras disini. Semua keluarga saya mendukung untuk saya bisa ke Nusantara dan mengibarkan bendera di Upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan RI,” kata Yusran.

Ketua DPPI, Yuslihayanti menyebut latihan yang dijalani para calon Paskibraka Tingkat Pusat 2024 bukan hanya tentang fisik, tetapi juga penguatan mental dan ideologi Pancasila. 

‘’Mereka adalah calon-calon pemimpin bangsa yang akan membawa pesan persatuan dan kesatuan Indonesia ke seluruh pelosok negeri. Secara teknis kami menyiapkan pendampingan agar nantinya para Calon Paskibraka Tingkat Pusat 2024 bisa menyiapkan segala ekspektasi yang ada di Nusantara," tuturnya.

Wakil Kepala BPIP sekaligus Pengarah Program Paskibraka Tingkat Pusat, Rima Agristina juga menyoroti pentingnya pembinaan karakter dalam pelatihan ini. 

"Para Calon Paskibraka Tingkat Pusat 2024 tidak hanya dilatih untuk mengibarkan bendera, tetapi juga menjadi teladan dalam mencerminkan nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari dalam Program Desa Bahagia. Kami berharap mereka dapat menginspirasi generasi muda lainnya untuk terus berkontribusi bagi bangsa serta kemajuan Nusantara," tandas Rima.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: