Premier League Ubah Sejumlah Aturan dalam Pertandingan di Musim 2024/2025, Apa Saja?

Oleh: Tarmizi Hamdi
Jumat, 09 Agustus 2024 | 12:00 WIB
Bola yang akan dipakai untuk musim 2024/2025 di Premier League. (Foto/Premier League).
Bola yang akan dipakai untuk musim 2024/2025 di Premier League. (Foto/Premier League).

BeritaNasional.com - Premier League musim 2024/2025 sebentar lagi bergulir, tepatnya pada 17 Agustus 2024.

Dilansir dari laman resmi pada Jumat (9/8/2024), pihak Premier League mengubah sejumlah aturan untuk memaksimalkan permainan para tim yang sedang bertanding di lapangan. Ada perbedaan cara petugas pertandingan menerapkan aturan permainan.

1. Perubahan aturan tentang pemain cadangan yang melakukan pemanasan

Perubahan kecilnya adalah mulai musim ini jumlah pemain pengganti yang diizinkan melakukan pemanasan pada waktu yang sama di tepi lapangan selama pertandingan ditambah dari tiga menjadi lima pemain per tim. Hal ini sesuai dengan fakta bahwa tim dapat melakukan lima pergantian pemain pada satu waktu.

2. Perubahan aturan tentang multibola

Premier League akan mempraktikkan sistem multibola pada 2024/2025 dengan 15 bola digunakan untuk mempercepat permainan.

Aturan sebelumnya, ketika bola keluar dari permainan dan tidak dapat segera diambil, pemain harus pergi ke tempat kerucut bola terdekat untuk mengambil bola pengganti sendiri untuk memulai permainan.  

Asisten bola tidak diizinkan mengembalikan bola ke pemain, tetapi harus mengembalikannya ke kerucut kosong.

Namun, mulai musim ini, asisten bola yang diposisikan di belakang gawang di ujung tempat bola keluar diizinkan mengembalikan bola ke penjaga gawang.

Staf area teknis klub yang dengan sengaja menunda dimulainya kembali permainan dengan memegang bola, menendang bola, dan lain sebagainya akan dikeluarkan. Pemain yang melakukan hal yang sama di area teknis akan menerima kartu kuning.

3. Perhitungan waktu tambahan yang lebih akurat

Mulai musim ini, saat gol tercipta, ofisial pertandingan memberikan waktu tambahan sebanyak lebih dari 30 detik, dihitung dari gol tercipta hingga kickoff. Ini akan memberikan waktu bagi kedua tim untuk kembali ke posisi awal setelah gol tercipta.

Mengingat rata-rata 3,28 gol dicetak per pertandingan pada musim lalu, perubahan ini dapat mengakibatkan penurunan waktu tambahan yang signifikan pada musim ini.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: