6 Khasiat Rebusan Tanaman Kumis Kucing yang Tak Terduga, Silakan Buktikan Sendiri

Oleh: Tim Redaksi
Jumat, 09 Agustus 2024 | 11:00 WIB
Tanaman kumis kucing. (Foto/Istimewa)
Tanaman kumis kucing. (Foto/Istimewa)

BeritaNasional.com - Tak banyak orang yang mengetahui tentang khasiat tanaman kumis kucing bagi kesehatan. Dalam artikel ini, diulas dari berbagai sumber referensi tentang pengertian, kandungan, khasiat, hingga cara membuat rebusan tanaman kumis kucing yang bisa dicoba sendiri di rumah.

Pengertian

Kumis kucing merupakan tanaman yang terkenal hanya tumbuh di area Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Tanaman bernama latin Orthosiphon stamineus ini adalah tanaman yang bisa ditemukan di pulau Sumatra dan Jawa.

Tanaman ini tumbuh secara alami di tepi hutan, tetapi umumnya terlihat di sepanjang pinggir jalan dan tanah yang tidak terpakai.

Tanaman herbal tersebut kerap dijadikan obat untuk memberikan manfaat kesehatan, terutama pada daun.

Beberapa khasiat utama dari tanaman ini yaitu sebagai antiradang, antioksidan, atau antibakteri. 

Di bidang pengobatan tradisional, kumis kucing diyakini memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk sebagai diuretik atau obat yang dapat meningkatkan pembuangan air seni, membantu mengatasi masalah ginjal dan saluran kemih, serta mengurangi pembengkakan. 

Selain itu, ekstrak kumis kucing juga telah digunakan dalam suplemen herbal sebagai pendukung penurunan berat badan dan pengobatan diabetes.

Kandungan Kumis Kucing:

Flavonoid

Kumis kucing kaya akan flavonoid, termasuk sinensetin, eupatorin, dan salvigenin. Flavonoid adalah senyawa yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi, yang dapat membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Asam klorogenat

Ini adalah senyawa fenolik yang juga memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Asam klorogenat juga terkait dengan potensi manfaat untuk kesehatan jantung dan pengobatan diabetes.

Minyak atsiri

Kumis kucing mengandung minyak atsiri, yang memberikan aroma dan rasa khas pada tanaman ini. Minyak atsiri dapat memiliki efek antispasmodik dan diuretik.

Tanin

Kumis kucing mengandung tanin, yang memiliki sifat antiseptik dan astringen. Tanin juga dapat membantu meredakan peradangan dan mempercepat penyembuhan luka.

Kalium, kalsium, magnesium, dan fosfor

Kumis kucing mengandung berbagai mineral penting, termasuk kalium, kalsium, magnesium, dan fosfor, yang berperan dalam menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan kesehatan tulang.

Asam ursolat dan oleanolat

Ini adalah senyawa triterpenoid yang juga memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan.

Asam rosmarinat

Senyawa ini memiliki sifat antioksidan dan dapat membantu melawan peradangan.

Berikut Manfaat Rebusan Tanaman Kumis Kucing bagi Kesehatan:

1.Diuretik

Kumis kucing diyakini memiliki sifat diuretik, yang berarti dapat meningkatkan produksi urin dan membantu dalam pengeluaran zat-zat sisa dari tubuh. Hal ini bisa membantu dalam mengatasi masalah kesehatan seperti edema (pembengkakan akibat penumpukan cairan) dan masalah ginjal atau saluran kemih.

2.Infeksi Saluran Kemih

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kumis kucing dapat memiliki sifat antimikroba, yang dapat membantu melawan infeksi pada saluran kemih.

3.Antiinflamasi

Kumis kucing telah digunakan secara tradisional untuk membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

4.Antioksidan

Ekstrak kumis kucing mengandung senyawa antioksidan, seperti flavonoid, yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit degeneratif.

5.Pengobatan Diabetes

Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa ekstrak kumis kucing dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin, yang berpotensi bermanfaat bagi orang dengan diabetes.

6.Menurunkan Berat Badan

Meskipun penelitian masih terbatas, beberapa studi menyebutkan bahwa kumis kucing dapat berkontribusi pada penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolisme dan mengurangi penyerapan lemak.

Cara Membuat Rebusan Kumis Kucing

 

Cara yang pertama bisa dengan menyiapkan 4-5 lembar daun kumis kucing. Cuci bersih daun kumis kucing ini. Lalu rebus dengan segelas air sampai mendidih. Jika sudah, air rebusan ini siap dikonsumsi sehari 3 kali.

Untuk cara yang kedua bisa dengan menyiapkan 50 gram daun kumis kucing. Kemudian daun ini dicuci dan diblender dengan air 150 ml. Saring airnya, lalu beri tambahan madu dan siap dikonsumsi.

Cara membuat ramuan daun kumis kucing ketiga cocok untuk mengatasi masalah pencernaan dan ginjal. Rebus daun kumis kucing dalam segelas air berbanding 1/4.

Dari 1/2 gelas air rebusan daun kumis kucing tersebut dapat dikonsumsi 2 kali sehari. Sedangkan untuk mengatasi diabetes dan tekanan darah tinggi, 20 helai daun kumis kucing dicampurkan ke dalam 110 ml air.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: