Orang Tua Diminta Jangan Takut Anaknya Divaksin HPV

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 14 Agustus 2024 | 05:00 WIB
Ilustrasi vaksin HPV (Foto/Unsplash)
Ilustrasi vaksin HPV (Foto/Unsplash)

BeritaNasional.com - Kementerian Kesehatan menegaskan, vaksinasi human papillomavirus (HPV) gratis yang dibagikan di program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dipastikan aman. Masyarakat tidak usah khawatir dengan vaksinasi HPV. 

Direktur Pengelolaan Imunisasi Kementerian Kesehatan Prima Yosephine mengatakan, ia menilai masih banyak orangtua yang ragu terhadap keamanan vaksin HPV.

"Ada yang menganggap karena gratis akhirnya kualitas vaksinya juga tidak terlalu baik," ujarnya.

Prima mengatakan, semua vaksin yang diberikan saat BIAS, termasuk vaksin HPV, telah mendapat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Maka bisa dipastikan vaksin itu aman.

Selain itu, dalam program nasional tersebut, Komite Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) juga dilibatkan. Jika ada keluhan maka bisa melapor dan diberikan pelayanan lanjutan.

"Vaksin tersebut juga gratis karena ditanggung oleh negara menggunakan uang dari pajak yang mereka bayarkan, sehingga orang tuarugi apabila melewatkan kesempatan tersebut untuk membuat anaknya sehat," kata Prima.

Dikutip dari Antara, Prima juga mengingatkan agar orangtua jangan sampai menyesal jika anak mereka menjadi sakit karena tidak divaksin.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kanker leher rahim dapat dieliminasi karena vaksin untuk mengatasi virus yang menyebabkannya, yakni HPV.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: