Trump Tuding Joe Biden Penyebab Konflik Ukraina-Rusia

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 14 Agustus 2024 | 04:00 WIB
Trump tuding Joe Biden penyebab konflik Ukraina (Foto/X Donald Trump)
Trump tuding Joe Biden penyebab konflik Ukraina (Foto/X Donald Trump)

BeritaNasional.com - Mantan Presiden AS Donald Trump menuding Presiden Joe Biden membawa dunia ke ambang perang nuklir dengan membuat ancaman terhadap Rusia.

Dikutip dari RT, Trump menyalahkan Biden sebagai penyebab konflik Ukraina. Ia mengatakan, kebodohan Biden membuat terjadi konflik Ukraina-Rusia terjadi.

Trump sering mengeklaim,  konflik Ukraina tidak akan pernah terjadi jika dia berada di Gedung Putih pada awal 2022. 

Dalam sebuah percakapan yang disiarkan langsung dengan pemilik X, Elon Musk, Trump mengatakan, ia melihat banyaknya pasukan Rusia di perbatasan Ukraina sebagai taktik negosiasi.

"Saya pikir Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan hal itu sebagai negosiasi karena Putin adalah seorang negosiator ulung. Jadi saya pikir dia melakukan hal itu untuk bernegosiasi," kata Trump. 

"Namun kemudian Biden mulai mengatakan hal-hal bodoh seperti Ukraina bisa menjadi negara anggota NATO. Padahal kita tahu Rusia tidak akan pernah setuju Ukraina jadi anggota NATO," kata Trump.

Selama beberapa dekade, memberikan akses Ukraina ke NATO diakui di Washington sebagai garis merah berbahaya untuk Moskow. Moskow merasa terancam jika Ukraina masuk anggota NATO.

"Kalau saya jadi presiden, saya bisa saja menghentikannya. Namun karena Biden kurang cerdas sehingga malah ancaman bodoh yang keluar darinya, dan bodohnya itu bisa menyebabkan Perang Dunia III," ujar Trump.

Trump mengeklaim ia memiliki hubungan yang baik dengan Putin. Namun ia pun mengaku mengancam Presiden Rusia itu dengan konsekuensi jika ia mengirim pasukan ke Ukraina.

"Saya berkata 'jangan lakukan itu. Anda tidak boleh melakukannya, Vladimir. Jika Anda melakukannya, ini akan menjadi hari yang buruk," kata Trump.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: