Profil Agus Gumiwang Kartasasmita, Plt Ketum Golkar Gantikan Airlangga

Oleh: Tim Redaksi
Selasa, 13 Agustus 2024 | 21:12 WIB
Plt Ketum Golkar  Agus Gumiwang Kartasasmita. (BeritaNasional/Satria)
Plt Ketum Golkar  Agus Gumiwang Kartasasmita. (BeritaNasional/Satria)

BeritaNasional.com -  Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si. lahir di Jakarta pada 3 Januari 1969. Beliau adalah seorang tokoh politik yang saat ini ditugaskan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Golkar.

Menteri Perindustrian pemerintahan Jokowi ini, terkenal akan sebagai pemimpin yang berkomitmen dan berpengalaman dengan latar belakang pendidikan yang luas, 

Profil Agus Gumiwang  

Pendidikan

Agus Gumiwang menempuh pendidikan tinggi di berbagai institusi ternama. Ia menyelesaikan Program Doktor Ilmu Pemerintahan di Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung pada 2014.

Sebelumnya, ia meraih gelar Magister Administrasi Publik dari Universitas Pasundan (UNPAS), Bandung pada 2009. Pendidikan sarjananya diperoleh di Pacific Western University, California, USA, di mana ia mengambil jurusan Ilmu Ekonomi Komersial dan Industri pada 1994.

Agus juga mengenyam pendidikan di Northeastern University (1987-1991) dan beberapa sekolah menengah di Amerika Serikat sebelum kembali ke Indonesia.

Karier Pekerjaan

Karir profesional Agus Gumiwang dimulai sebagai Presiden Direktur PT. Agumar Eka dari 1994 hingga 1999, sebelum kemudian menjadi Komisaris PT. Asiana Lintas Development dari 2012 hingga saat ini. Peran penting lainnya yang dipegangnya termasuk sebagai Menteri Sosial dan Menteri Perindustrian RI.

Karier di DPR RI

Agus Gumiwang memiliki pengalaman panjang di dunia legislatif. Ia pernah menjabat sebagai Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPR RI (2017-2019) dan anggota DPR/MPR RI pada periode 2014-2019, di mana ia aktif di berbagai komisi, termasuk Komisi XI, III, dan VIII.

Sebelumnya, ia juga menjadi Wakil Ketua Komisi I DPR RI dan terlibat dalam berbagai panitia khusus, termasuk RUU Kamnas dan RUU Intelijen Negara, selama periode 2009-2014. Selama masa tugasnya di DPR, Agus dikenal sebagai sosok yang memiliki kepemimpinan dan integritas tinggi.

Pengalaman Organisasi

Agus Gumiwang juga aktif dalam berbagai organisasi. Ia pernah menjabat sebagai Ketua DPP Partai Golkar Bidang Pengabdian Masyarakat dan Bidang Khusus.

Selain itu, ia adalah Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Ormas MKGR dan Anggota Dewan Pangaping Paguyuban Pasundan. Agus juga berperan penting dalam hubungan internasional sebagai Wakil Ketua Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Jepang.

Kehidupan Pribadi

Agus Gumiwang menikah dengan Loemongga H. Salomons dan dikaruniai tiga anak: Ghaniya, Ghaziya, dan Ghibran Kartasasmita.  sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: