Bamsoet: Indonesia Perlu Kedaulatan Pangan, Bukan Sekedar Ketahanan Pangan

Oleh: Ahda Bayhaqi
Jumat, 16 Agustus 2024 | 10:27 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (Foto/Dokumentasi Sidang Tahunan 2024).
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (Foto/Dokumentasi Sidang Tahunan 2024).

BeritaNasional.com - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bicara pentingnya kedaulatan pangan di Indonesia haruslah dibuat dengan baik dan tidak mengandalkan impor dari luar negeri. Hal ini ditekankan Bamsoet dalam sidang tahunan MPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Mulanya, pria yang akrab disapa Bamsoet ini berbicara mengenai meningkatnya populasi penduduk dunia khususnya di Indonesia, akan membutuhkan daya dukung bahan pangan yang lebih besar.

“Pada saat bersamaan, sektor pertanian sebagai penopang ketahanan pangan, justru menghadapi berbagai tekanan; mulai dari makin sempitnya lahan pertanian, stagnasi produksi, meningkatnya frekuensi hama dan penyakit tumbuhan, makin mahalnya biaya produksi, serta ancaman perubahan iklim,” ujar Bamsoet.

Disebutkan Bamsoet, hal tersebut pastinya akan memberikan dampak yakni risiko pangan di masa yang akan datang. Sehingga nantinya di Indonesia harus melakukan antisipasi untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Maka dari itulah, Bamsoet menilai perlu menyiapkan strategi besar untuk menciptakan “kedaulatan pangan” Indonesia yang acapkali mengandalkan impor bahan-bahan pangan dari luar negeri.

“Kita perlu menyiapkan strategi besar untuk menciptakan “kedaulatan pangan” Indonesia, bukan sekedar “ketahanan pangan”, yang acapkali mengandalkan impor bahan-bahan pangan dari luar negeri,” ungkap Jokowi.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: