Tak Dihadiri Megawati dan SBY, Sidang Tahunan MPR tanpa Mantan Presiden

Oleh: Ahda Bayhaqi
Jumat, 16 Agustus 2024 | 10:27 WIB
Jusuf Kalla dan Try Soetrisno di barisan kursi VVIP. Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono tak hadir dalam Sidang Tahunan MPR. (Foto/tangkapan layar YouTube)
Jusuf Kalla dan Try Soetrisno di barisan kursi VVIP. Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono tak hadir dalam Sidang Tahunan MPR. (Foto/tangkapan layar YouTube)

BeritaNasional.com - Sidang Tahunan MPR RI yang digelar 16 Agustus 2024 sama sekali tidak dihadiri mantan presiden RI. 

Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terlihat tidak hadir.

SBY sebelumnya mengkonfirmasi tidak menghadiri sidang tahunan. Namun, Megawati yang awalnya mengonfirmasi akan hadir malah tidak terlihat sampai sidang dimulai.

Ketua MPR Bambang Soesatyo yang memimpin rapat tidak menyapa sama sekali mantan presiden. Terlihat juga tidak ada Megawati di barisan kursi VVIP.

Sementara itu, para wakil presiden terlihat hadir. Di antaranya adalah Wakil Presiden Ke-6 Try Soetrisno, Wakil Presiden Ke-10 dan 12 Jusuf Kalla, serta Wakil Presiden Ke-11 Boediono.

Secara khusus, Bamsoet menyapa Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Prabowo hadir dalam sidang tahunan sebagai menteri pertahanan dan ketua umum Partai Gerindra.

"Yang teristimewa Presiden terpilih hasil Pemilu 2024 Bapak Jenderal TNI Purnawirawan Haji Prabowo Subianto," sapa Waketum Golkar ini.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar menyebut sejumlah nama presiden dan wakil presiden RI yang hadir dalam Sidang Tahunan MPR RI bersama DPR RI dan DPD RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Indra memastikan Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri akan hadir. Akan hadir juga Wakil Presiden Ke-6 Try Soetrisno dan Wakil Presiden Ke-10 dan 12 Jusuf Kalla. 

Sementara itu, Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak hadir.

"Mantan presiden itu yang hadir itu Megawati, hadir, kemudian Bapak Try Soetrisno, Pak Jusuf Kalla, Pak Budiono, Pak SBY enggak hadir," kata Indra di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: