Paus Siap Kunjungi Masjid Istiqlal, Dorong Kerukunan Antarumat

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Senin, 02 September 2024 | 05:00 WIB
Paus Fransiskus akan kunjungi Masjid Istiqlal (Foto/Inst Pope Francis)
Paus Fransiskus akan kunjungi Masjid Istiqlal (Foto/Inst Pope Francis)

BeritaNasional.com - Paus Fransiskus akan mengunjungi Masjid Istiqlal dalam kunjungannya ke Indonesia minggu depan. Lawatan ini sebagai bagian dari inisiatif untuk mempromosikan kerukunan antarumat beragama. Paus juga akan mengunjungi beberapa negara lainnya di Asia Pasifik selama 12 hari.

Masjid Istiqlal punya keunikan tersendiri dengan fitur yang jarang ditemukan, yaitu sebuah terowongan yang menghubungkannya langsung dengan Gereja Katedral. Terowongan yang dinamakan "Terowongan Persahabatan” itu memiliki panjang 28,3 meter, dibangun pemerintah pada 2020 sebagai simbol kerukunan beragama.

Kerukunan umat beragama juga menjadi tema utama Paus Fransiskus dalam perjalanan 11 tahun masa jabatan pemimpin gereja Katolik global tersebut.

Paus Fransiskus, 87 tahun, dijadwalkan tiba di Indonesia pada Selasa (3/9/2024). Indonesia akan menjadi destinasi pertama dalam perjalanan panjangnya yang juga mencakup kunjungan ke sejumlah negara lain, termasuk Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura. 

Rencana perjalanan panjang ini telah menimbulkan kekhawatiran terkait dengan masalah kesehatan Paus.

Paus sendiri juga dijadwalkan untuk berpartisipasi dalam pertemuan lintas agama di Masjid Istiqlal, masjid terbesar di Asia Tenggara. 

Dikutip dari VOA, ia juga akan mengunjungi terowongan yang memiliki jendela untuk cahaya dan seni terukir di dinding, meski terowongan ini belum dibuka untuk umum.

"Sungguh luar biasa bahwa tokoh utama umat Katolik akan datang," kata Nasaruddin Umar, Imam Besar Masjid Istiqlal

"Apa pun agamamu, mari kita hormati tamu kita," tambahnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: