Taman Safari Rayakan Ulang Tahun Hu Chun, Si Panda Betina

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Sabtu, 07 September 2024 | 19:12 WIB
Ilustrasi panda lucu (Foto/Pixabay)
Ilustrasi panda lucu (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Taman Safari Indonesia (TSI) Kabupaten Bogor, Jawa Barat merayakan HUT Ke-14 Hu Chun. Hu Chun merupakan panda raksasa yang lucu.

Direktur TSI Bogor Jansen Manansang mengatakan, dua panda raksasa yang ada di tempat konservasi itu tergolong spesial karena didatangkan langsung dari Tiongkok.

Hu Chun merupakan panda betina dan Cai Tao panda jantan. Mereka punya tempat tersendiri di Taman Safari Bogor, yakni Istana Panda yang lokasinya berada di bukit paling atas.

"Satwa panda ini keajaiban dunia, jarang ada yang seperti panda ini, yang selain tadi karakternya morfologi atau sifat perkawinannya. Mereka itu makan hanya bambu 99 persen, tapi mereka bisa hidup, dia seperti beruang tapi tidak hibernasi," ujarnya.

Beberapa kegiatan yang diselenggarakan pada peringatan HUT Ke-14 Hu Chun, seperti melukis wajah pengunjung, keeper talk, hingga kuis dan membagi-bagikan undian berhadiah.

Hu Chun adalah panda betina yang lahir  September 2010. Nama Hu Chun berarti danau di musim semi atau si cantik dari alam.

Sedangkan Cai Tao adalah panda jantan yang lahir  Agustus 2010. Nama Cai Tao berarti pemuda yang tampan, karismatik, dan bangsawan.

Hu Chun dan Cai Tao berasal dari Chengdu, Provinsi Sinchuan, Tiongkok. Keduanya langsung dikarantina di TSI Cisarua, Bogor, setelah tiba di Indonesia pada 28 September 2017.

Dikutip dari Antara, usai melewati proses karantina, sepasang panda raksasa tersebut telah beradaptasi baik dengan lokasi, iklim, dan cuaca sekitar, termasuk dengan penjaga satwa serta dokter hewan yang merawatnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: