Akui Sudah 3 Kali Bertemu dengan Prabowo, Surya Paloh: Penentuan Kabinet Hak Prerogatif Presiden

Oleh: Panji Septo R
Kamis, 19 September 2024 | 18:04 WIB
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kiri) dan Presiden terpilih Prabowo Subianto (kanan). (BeritaNasional/Elvis).
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kiri) dan Presiden terpilih Prabowo Subianto (kanan). (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menegaskan bahwa susunan menteri di kabinet selanjutnya adalah hak prerogatif dari Presiden terpilih yakni Prabowo Subianto.

Begitu juga, kata Paloh, mengenai penentuan jumlah Kementerian ke depannya. Hal itu dikatakannya merespon kabar bakal adanya 44 pos Kementerian di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Kabinet baru itu tentu kita semuanya sepakat adalah hak prerogatif presiden dalam hal ini pada tanggal 20 Oktober nanti InsyaAllah Bapak Prabowo," ungkap Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (19/9/2024).

Paloh pun mengakui dirinya kerap kali berbincang dengan Prabowo terkait beragam hal. Namun, pertemuan yang lebih terjadi dari dua kali ini tidaklah membahas susunan kabinet ke depannya.

"Ada (pembicaraan), sudah lebih dari satu kali kalau memang komunikasi dengan saya selaku ketum NasDem itu sudah lebih paling tidak mungkin dua atau tiga kali," kata dia.

Maka dari itulah, dia menyerahkan kepada Prabowo yang mempunyai hak prerogatif sebagai presiden terpilih untuk dapat menyusun komposisi kabinetnya.

"Dengan latar belakang apapun itu, dalam berbagai komposisi apapun yang dirasakan itu tepat kita hormati itu," tuturnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: