Enggan Berdamai, Israel Makin Perluas Tujuan Perang

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 20 September 2024 | 05:30 WIB
Israel makin perluas tujuan perang (Foto/UNRWA)
Israel makin perluas tujuan perang (Foto/UNRWA)

BeritaNasional.com - Israel mengumumkan perluasan perangnya melawan Hamas. Ini bertujuan memungkinkan penduduk Israel Utara kembali ke rumah yang mereka tinggalkan akibat bentrokan antara pasukan Israel dan militan Hizbullah di sepanjang perbatasan Israel-Lebanon.

Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan, kabinet keamanan menyetujui langkah itu. Hizbullah, sekutu Hamas, memulai serangan hampir setiap hari sejak Israel melakukan perang berdarah di Gaza.

Hizbullah yang sama seperti Hamas, didukung oleh Iran mengatakan, mereka akan menghentikan serangan terhadap Israel, jika ada kesepakatan gencatan senjata di Gaza. Namun faktanya, Israel tidak mau damai, mereka malah memperluas wilayah perang.

Upaya untuk mencapai gencatan senjata berlangsung selama berbulan-bulan, dengan para pejabat AS, Mesir, dan Qatar. Mereka berusaha mencapai persyaratan yang disetujui oleh Israel dan Hamas. Namun hingga sekarang juga nihil hasilnya.

Dikutip dari VOA, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken melawat ke Mesir untuk bertemu mitra kawasan utama di Timur Tengah, guna mengajukan proposal gencatan senjata yang diubah.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: