Ekonom: Selesaikan Perselisihan Kadin secara Kekeluargaan

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 20 September 2024 | 05:00 WIB
Kadin alami perselisihan (Foto/Inst Arsjad)
Kadin alami perselisihan (Foto/Inst Arsjad)

BeritaNasional.com - Ekonom Senior sekaligus Dosen Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI) Fithra Faisal Hastiadi mengatakan, sebaiknya perselisihan yang terjadi di dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia diselesaikan secara kekeluargaan.

“Kadin industri yang sebenarnya sangat penting perannya buat perekonomian nasional. Oleh karena itu, memang perlu ada penyelesaian secara kekeluargaan, karena mereka ini kan sebenarnya juga satu rumah ya,” ujar Fithra.

Jika perseteruan di Kadin berlarut- larut tidak diselesaikan, dikhawatirkan akan mengganggu iklim investasi dan usaha di dalam negeri.

“Misalnya ini berlarut-larut, saya rasa akan sangat bisa mengganggu ke industri kita,” ujarnya dikutip dari Antara.

Fithra menjelaskan, bahwa jaringan bisnis Kadin sangat banyak di luar negeri, termasuk negara- negara besar seperti Jepang, Inggris hingga Amerika Serikat (AS), sehingga perselisihan.

“Saya rasa dalam hal ini saya juga mengimbau para elit-elit, terutama elit-elit pengusaha ini untuk menyelesaikannya secara kekeluargaan. Jadi legal, formal, segala macam itu diatur saja internal,” ujar Fithra.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: