Balap Motor Listrik Konversi Pertama Dunia Digelar di Sirkuit Karting Sentul, Tiket Gratis

Oleh: Tarmizi Hamdi
Minggu, 22 September 2024 | 10:30 WIB
Pembalap motor listrik saat sesi latihan sebelum ajang PLN EV Conversion Race. (Foto/PLN)
Pembalap motor listrik saat sesi latihan sebelum ajang PLN EV Conversion Race. (Foto/PLN)

BeritaNasional.com - PLN EV Conversion Race 2024 siap digelar di Sentul International Karting Circuit, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, hari ini Minggu (22/9/2024). Pergelaran motor listrik ini berlangsung 2 putaran, yaitu 22 September dan 13 Oktober 2024.

Ajang yang digelar PLN dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) itu adalah pergelaran balap motor listrik konversi pertama di Indonesia yang digelar sebagai pembuktian ketahanan motor listrik hasil konversi.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi menyatakan ajang tersebut memperebutkan Piala Menteri ESDM dengan total hadiah Rp 222 juta.

Masyarakat juga bisa menyaksikannya secara langsung di venue tanpa biaya. Acara ini bertujuan menarik minat masyarakat untuk beralih ke kendaraan ramah lingkungan.

"Tujuan dari PLN EV Motor Conversion Race 2024 ini adalah meningkatkan animo masyarakat dan menunjukkan reliability dari sepeda motor listrik hasil konversi yang tidak kalah dengan sepeda motor konvensional (Internal Combustion Engine/ICE) sehingga tercipta kepercayaan terhadap produk konversi," ujar Agus dalam keterangannya di Jakarta pada Jumat (20/9/2024).

Dia mengatakan ada tiga kategori yang dipertandingkan dalam ajang ini, yakni EV Race atau balap sepeda motor listrik di lintasan aspal, untuk menunjukkan performa sepeda motor listrik hasil konversi.

Ada juga kategori EV Endurance, atau balapan ketahanan selama 2 jam, untuk menguji ketahanan motor listrik hasil konversi.

"Kategori ketiga ada Conversion Competition, yaitu kompetisi live konversi sepeda motor BBM menjadi sepeda motor listrik untuk SMK dan Mekanik," imbuh Agus.

Balap sepeda motor listrik konversi ini adalah yang pertama di dunia dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) telah mengadopsi peraturan teknis balap sepeda motor listrik konversi 2024 sebagai aturan baku.

“Kami juga gandeng PLN untuk menyukseskan program ini termasuk memastikan keandalan dari sisi pengisian daya listrik,” jelas Agus.

Sementara itu, Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN Gregorius Adi Trianto menuturkan pihaknya terus berinovasi mendukung pemerintah menjalankan transisi energi.

Ajang PLN EV Conversion Race ini digelar sebagai bagian dari upaya perseroan mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

”Kami siap mendukung penuh gelaran ini sebagai langkah penting untuk meningkatkan minat masyarakat beralih ke kendaraan listrik. Kami percaya ajang balap ini menjadi proving ground kemampuan dan kualitas sepeda motor hasil konversi dalam kecepatan, ketahanan, sekaligus membentuk komunitas baru pengguna sepeda motor listrik hasil konversi,” ujarnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: