Survei Poltracking: Elektabilitas Dedi-Erwan Mendominasi di Pilgub Jawa Barat 2024

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 26 September 2024 | 15:10 WIB
Paslon nomor urut 4 Pilgub Jawa Barat Dedi Mulyadi dan Erwan Setiawan saat diberi rekomendasi oleh Demokrat. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Paslon nomor urut 4 Pilgub Jawa Barat Dedi Mulyadi dan Erwan Setiawan saat diberi rekomendasi oleh Demokrat. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Elektabilitas pasangan Dedi Mulyadi dan Erwan Setiawan mendominasi dalam survei Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2024. 

Dedi-Erwan mendapatkan elektabilitas 65,9 persen dalam survei Poltracking Indonesia.

Sementara itu, di urutan kedua, ada pasangan Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie dengan elektabilitas 11,8 persen.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda menyatakan perolehan elektabilitas Dedi-Erwan cukup meyakinkan karena ada selisih hingga 54,1 persen dari pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur yang menempati urutan kedua.

"Angka cukup menyakinkan, jaraknya cukup jauh," kata Hanta saat pemaparan survei secara daring, Kamis (26/9/2024).

Sementara itu, dua pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Barat lainnya cukup kecil.

Yaitu, Acep Adang Ruhiat dan Gitalis Dwi Natarina dengan elektabilitas 5,2 persen, dan Jeje Wiradinata dan Ronal Surapradja hanya 2,9 persen.

Sementara itu, responden yang tidak tahu atau tidak jawab ada 14,2 persen.

Bila dibedah masing-masing calon gubernur dan calon wakil gubernur, hasilnya tidak jauh saat berpasangan.

Dedi Mulyadi sebagai calon gubernur unggul jauh dari calon gubernur lainnya. Dedi mendapatkan elektabilitas 65,4 persen, sedangkan Ahmad Syaikhu 11,4 persen, Acep Adang 4,3 persen, dan Jeje 2,9 persen. Responden tidak tahu atau tidak jawab 16 persen.

Sementara itu, Erwan Setiawan unggul dengan elektabilitas 20 persen, dipepet Ilham Habibie 16,6 persen, sedangkan Gitalis 7,9 persen dan Ronal Surapradja 7,2 persen.

Poltracking Indonesia menggelar survei tatap muka pada 8-14 September 2024. Jumlah sampel sebanyak 1200 responden dipilih menggunakan metode multistage random sampling. 

Survei memiliki margin of error kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: