Abcandra Muhammad Akbar Supratman Terpilih sebagai Wakil Ketua MPR Unsur DPD

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 03 Oktober 2024 | 05:56 WIB
Sidang Paripurna MPR di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. (BeritaNasional/Elvis).
Sidang Paripurna MPR di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Abcandra Muhammad Akbar Supratman terpilih sebagai wakil ketua MPR yang mewakili kelompok DPD RI. Abcandra memenangkan pemungutan suara atau voting pemilihan calon pimpinan MPR unsur DPD.

DPD RI menggelar pemilihan pimpinan MPR sejak Rabu (2/10/2024) sampai Kamis (3/10/2024) dini hari.

Dalam proses pemilihan, ada enam anggota DPD RI yang mengajukan sebagai calon pimpinan MPR. Mereka adalah AA Ahmad Nawardi, Daud Yordan, Agustin Teras Narang, Maya Rumantir, Abcandra Muhammad Akbar Supratman, dan Fadel Muhammad.

Pada pemungutan suara putaran pertama, tidak ada yang meraih suara 50 plus 1. Sehingga digelar pemungutan suara putaran kedua.

Pada pemungutan suara putaran pertama, Abcandra meraih suara tertinggi dengan 45 suara dari 143 anggota DPD RI. Sementara, Fadel Muhammad berada di urutan kedua dengan perolehan 38 suara. Sementara itu, Ahmad memperoleh 13 suara, Daud 29 suara, Teras Narang 17 suara, dan Maya 1 suara.

Kemudian, Abcandra dan Fadel bertarung pada pemungutan suara putaran kedua. Hasilnya, Abcandra mengalahkan Fadel dengan perolehan 93 melawan 50 suara.

Sehingga, Abcandra terpilih sebagai wakil ketua MPR dari unsur DPD yang akan ditetapkan dalam Sidang Paripurna Penetapan Pimpinan MPR pada Kamis, 3 Oktober.

"Dengan demikian, yang suara terbanyak dan dinyatakan terpilih untuk mewakili DPD di MPR RI sebagai wakil ketua MPR RI adalah Abcandra Akbar," ujar Wakil Ketua DPD RI Tamsil Linrung, Kamis (3/10/2024) dini hari.

Sebelumnya, Rapat Gabungan Pimpinan MPR secara resmi telah menyepakati Ahmad Muzani dari Fraksi Partai Gerindra sebagai Ketua MPR RI periode 2024-2029.

"Pada malam hari ini, tanggal 2 Oktober 2024, rapat gabungan pimpinan MPR dari fraksi-fraksi dan kelompok DPD yang dipimpin oleh pimpinan sidang sementara, telah menyepakati secara musyawarah mufakat bahwa calon ketua MPR yang telah disepakati dalam rapat gabungan ini adalah calon yang diusulkan dari Fraksi Partai Gerindra, namanya adalah sahabat saya, kolega saya di pimpinan MPR periode yang kemarin, yaitu Bapak H. Ahmad Muzani," ujar Basarah saat konferensi pers di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024).

MPR akan menggelar Rapat Paripurna penetapan susunan pimpinan MPR pada Kamis, 3 Oktober 2024.

"Dengan demikian, rapat paripurna tanggal 3 Oktober 2024 pukul 10 pagi besok tinggal menetapkan susunan pimpinan MPR yang baru, yang dipimpin oleh H. Ahmad Muzani didampingi oleh 8 wakil ketua MPR RI dari fraksi-fraksi partai politik dan kelompok DPD RI yang akan ditetapkan besok," tandas Basarah.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: