Tata Kelola Informasi Publik Kunci Majukan Jakarta

Oleh: Sri Utami Setia Ningrum
Sabtu, 05 Oktober 2024 | 03:00 WIB
Ilustrasi anggota DPRD DKI Jakarta (Beritanasional/Lydia)
Ilustrasi anggota DPRD DKI Jakarta (Beritanasional/Lydia)

BeritaNasional.com -  Ketua Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta, Harry Ara Hutabarat berharap anggota DPRD Jakarta yang baru dilantik menjalankan amanah dengan baik khususnya dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemerintahan. Keterbukaan informasi publik merupakan kunci penting dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah sekaligus menjamin hak warga negara mendapatkan informasi.

 

“Kemajuan kota Jakarta salah satunya ditentukan oleh kualitas tata kelola layanan informasi publik sebagai kunci utama dalam membangun kepercayaan antara pemerintah dan masyarakat,” ujarnya. 

 

Ia memaparkan kesiapan Komisi Informasi Jakarta untuk berkolaborasi dengan DPRD Jakarta demi mewujudkan pemerintahan yang transparan dan akuntabel telah dituangkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.
 

 

“Untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik di Jakarta, kami siap berkolaborasi dengan DPRD DKI Jakarta untuk memastikan hak akses masyarakat terpenuhi hingga mendorong Jakarta sebagai kota global dan informatif,” ungkapnya. 

 

Sebelumnya ia menyampaikan optimistis rapat paripurna DPRD Jakarta yang digelar perdana, Sabtu (5/10/2024) menjadi penentu arah kebijakan dan masa depan Jakarta yang lebih baik. Kelima pimpinan DPRD pun dinilainya mampu melahirkan kebijakan yang berkelanjutan. 

 

Rapat paripurna anggota DPRD Jakarta 2024-2029 tersebut juga melakukan penyerahan dokumen resmi serta pengambilan sumpah jabatan oleh anggota DPRD yang baru.

 

Dalam kesempatan tersebut, para anggota dewan diingatkan untuk selalu mendengarkan aspirasi masyarakat dan berupaya untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi kota Jakarta. sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: