Pentingnya Remaja Mengenali Gejala Kanker Payudara Sejak Dini

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Minggu, 06 Oktober 2024 | 19:00 WIB
Ilustrasi mengenali gejala kanker payudara sejak dini (Foto/Caicl)
Ilustrasi mengenali gejala kanker payudara sejak dini (Foto/Caicl)

BeritaNasional.com - Dokter Spesialis Bedah Konsultan Onkologi Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta dr. Iskandar, Sp.B.Subsp. Onk(K) mengatakan, sangat penting bagi remaja untuk  memiliki kesadaran tentang kanker payudara.

Kesadaran akan kanker payudara bagi remaja perempuan sangat penting karena dapat membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan guna mengenali tanda-tanda awal penyakit ini serta memahami faktor risikonya.

“Penyuluhan mengenai kanker payudara terhadap remaja sedini mungkin harus dilakukan, untuk menemukan kanker payudara di stadium awal,” kata Iskandar.

Iskandar mengatakan, dengan pengetahuan kanker payudara yang dipahami sedini mungkin, maka bisa ditemukan kanker payudara yang masih pada stadium awal, di mana harapan hidupnya masih tinggi.

“Untuk stadium awal (kanker payudara) kelangsungan hidupnya cukup bagus, bahkan 90 persen pasiennya akan sembuh total. Jadi, sedini mungkin ditemukan kasusnya, progresnya penyembuhannya akan semakin bagus,” ujarnya dikutip dari Antara.

Dengan edukasi yang tepat, remaja perempuan dapat mengadopsi gaya hidup sehat dan menjalani pemeriksaan payudara sendiri (SADARI), yang merupakan langkah awal dalam deteksi dini.

Selain itu, peningkatan kesadaran juga membantu mengurangi stigma seputar kanker, menciptakan lingkungan yang lebih mendukung.

Dengan demikian, kata Iskandar, kesadaran ini tidak hanya berkontribusi pada kesehatan individu, tetapi juga pada kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

“Dengan remaja-remaja perempuan yang teredukasi soal ini, mereka juga diharapkan dapat menularkan ilmu kepada teman sebayanya, keluarga, bahkan anak-anaknya kelak,” ujarnya.


 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: