Profil Rano Karno Si Doel: Aktor Senior yang Kini Jadi Cagub Jakarta

Oleh: Tim Redaksi
Selasa, 08 Oktober 2024 | 16:01 WIB
Calon wakil gubernu Jakarta Rano Karno (kiri). (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Calon wakil gubernu Jakarta Rano Karno (kiri). (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com - Rano Karno merupakan sosok yang dikenal sebagai aktor senior dengan karakter Si Doel yang kini turun ke dunia politik. Kekinian, dia maju di kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024 menjadi calon wakil gubernur berpasangan dengan Pramono Anung.

Lahir pada 8 Oktober 1960 di Jakarta, anak dari aktor Soekarno M. Noer dan Lily Istiarti. Ia dikenal luas sebagai karakter Si Doel dalam serian "Si Doel Anak Betawi dan Si Doel Anak Sekolahan.

Ayah Rano Karno yang merupakan seorang aktor legendaris yang sidah lebih dulu terjun dalam perfilam Indonesia, tidak heran apabila darah seni menalr kuat pada diri Rano Karno.

Karir di Dunia Hiburan

Rano memulai kariernya di dunia hiburan sejak usia 9 tahun, dengan membintangi film "Lewat Tengah Malam" yang berperan sebagai tokoh anak.

Pada tahun 1971, ia kembali mencuri perhatian dengan perannya dalam film "Malin Kundang". Penampilannya yang memukau membuatnya menjadi aktor populer di era 70-an dan 80-an.

Namun, peran yang paling ikonik dan melekat pada namanya adalah sebagai "Si Doel" dalam sinetron "Si Doel Anak Sekolahan" yang menjadi tonggak awal kesuksesan karier Rano Karno di dunia hiburan pada tahun 1972. Sinetron ini menjadi fenomena budaya di Indonesia, dengan cerita yang dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat. 

Selain sebagai aktor, Rano Karno juga terjun kedalam dunia musik. Ia merilis album “Yang Sangat Kusayang” pada tahun 1982 yang cukup sukses di pasaran.

Rano melanjutkan kesuksesannya dengan merilis album “Puspita” yang terinspirasi dari music ABBA pada tahun 1984.

Rano juga menciptakan Sinetron legendaris ‘Si Doel Anak Sekolahan” yang menjadi salah satu sinetron paling bersejarah di Indonesia.

Jejak Politik

Selain di dunia hiburan, Rano Karno juga aktif dalam dunia politik. Pada tahun 1999, ia mulai bergabung dengan PDIP dan terjun di panggung politik.

Dimulai sebagai Wakil Bupati Tangerang periode 2008-2013. Pada tahun 2014, ia terpilih menjadi Gubernur Banten sampai tahun 2017. Ia juga menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat sebagai daerah pemilihan Banten III untuk masa jabatan 2019-2024 dari PDIP.

Kini, Rano Karno akan maju dalam Pilgub DKI Jakarta sebagai calon wakil gubernur Jakarta berpasangan dengan Pramono Anung. 

(Fadia Rahma Baitullah/magang)sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: