Andre Onana Raih Penghargaan Penyelamatan Bulan September Premier League

Oleh: Tarmizi Hamdi
Sabtu, 12 Oktober 2024 | 20:30 WIB
Penyelamatan kiper MU Andre Onana. (foto/instagram @andreonana)
Penyelamatan kiper MU Andre Onana. (foto/instagram @andreonana)

BeritaNasional.com - Kiper Manchester United Andre Onana memenangi penghargaan Save of the Month Premier League pada September 2024 atas penyelamatannya melawan Crystal Palace.

Onana menukik berhasil menahan tembakan jarak jauh Eddie Nketiah, kemudian langsung  menahan tembakan susulan Ismaila Sarr.

Penyelamatan gemilang tersebut turut memantik mantan kiper Man United Peter Schmeichel berkomentar.

Menurut peraih lima gelar Premier League bersama Man Utd dan salah satu penjaga gawang terbaik dalam sejarah kompetisi tersebut mengatakan penyelamatan Andre Onana itu sangat luar biasa. Reaksi Onana, lanjut Schmeichel, begitu cepat. \

"Anda tidak menduga bola akan mengenainya (kaki Matthijs de Ligt ). Jadi, ia tidak hanya harus bereaksi, ia juga harus turun dan memegangnya dengan sangat kuat. Namun, pemulihannya sungguh menakjubkan. Penyelamatan yang sangat, sangat bagus. Ia melangkah maju dan memenangkan poin untuk timnya," ungkap pria asal Denmark itu.

Bukan hanya penyelamatan ganda yang menakjubkan, Onana juga membantu Man Utd meraih hasil imbang tanpa gol di Selhurst Park.

Karena itu, Onana melakukan empat clean sheet musim ini. Dia kini memimpin perlombaan untuk penghargaan Sarung Tangan Emas 2024/2025. 

Ini adalah kali kedua Onana memenangi penghargaan tersebut, setelah sebelumnya melakukannya pada bulan April lalu dengan penyelamatan gemilang atas upaya Lyle Foster dari Burnley.

Pemain Kamerun berusia 28 tahun itu mengeklaim hadiah tersebut setelah suara dari publik digabungkan dengan suara dari panel ahli, dan menduduki puncak daftar pendek yang menampilkan enam penyelamatan menakjubkan  oleh penjaga gawang sepanjang bulan.

Pemenang Save Liga Primer 2024/2025

Agustus:  David Raya (Arsenal)
September:  Andre Onana (Man Utd)

 sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: