Herindra Bakal Dilantik sebagai Kepala BIN Bersama Menteri Kabinet Prabowo

Oleh: Panji Septo R
Rabu, 16 Oktober 2024 | 11:05 WIB
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad bersama Herindra di Gedung Parlemen. (BeritaNasional/Panji)
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad bersama Herindra di Gedung Parlemen. (BeritaNasional/Panji)

BeritaNasional.com - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan Wakil Menteri Pertahanan Herindra akan dilantik sebagai kepala Badan Intelijen Negara (BIN) bersama para menteri kabinet pemerintahan Prabowo Subianto.

"Kalau keburu, mungkin pelantikannya bersamaan dengan menteri kabinet pada 21 Oktober," ujar Dasco di kompleks parlemen, Senayan, Rabu (16/10/2024).

Menurut dia, Herindra bakal menjalani fit and proper test hari ini sebagai calon kepala BIN yang akan diparipurnakan besok, Kamis (17/10/2024) untuk kemudian disurati ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Rencananya, hari ini, setelah memberikan pertimbangan besok kami paripurnakan dan berkirim surat ke presiden," tuturnya.

Sebelumnya, DPR RI telah menerima surat presiden mengenai pengangkatan kepala BIN yang baru.

Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan nama kepala BIN yang diusulkan adalah M. Herindra, Wakil Menteri Pertahanan 2019-2024.

"Jadi, sudah diusulkan satu nama dari Presiden Jokowi. Surpres (surat presiden) pergantian kepala BIN atas nama Pak Herindra," ujar Puan.

Puan mengatakan fit and proper test terhadap Heri bakal dilaksanakan hari ini dengan pertimbangan DPR.

"Yang insyaallah akan dilaksanakan fit and proper (test) atau pertimbangan dari DPR-nya itu insyaallah besok pagi di DPR," katanya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: