Persib Bandung Benamkan Persebaya, Bojan Hodak: Kami Kuasai Pertandingan

Oleh: Tarmizi Hamdi
Jumat, 18 Oktober 2024 | 20:47 WIB
Gelandang PERSIB, Edo Febriansah merayakan gol ke gawang Persebaya Surabaya di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Jumat (18/10/2024). (Foto/Persib.co.id)
Gelandang PERSIB, Edo Febriansah merayakan gol ke gawang Persebaya Surabaya di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Jumat (18/10/2024). (Foto/Persib.co.id)

BeritaNasional.com - Persib sukses menaklukkan sang pemuncak klasemen sementara, Persebaya Surabaya, dengan skor 2-0 pada pekan kedelapan Liga 1 musim 2024/2025 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (18/10/2024).

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak mengapresiasi kinerja anak asuhnya yang sukses mengalahkan Persebaya.

Bojan menuturkan apresiasi layak diberikan karena anak asuhnya mampu meraih kemenangan tanpa kebobolan. Persib menang 2-0 berkat gol dari Edo Febriansah dan Ciro Alves.

“Kemenangan yang bagus, tiga poin yang bagus dan clean sheet. Secara pertahanan kami tidak memberi mereka kesempatan dan secara penyerangan kami mendominasi, kami bisa mencetak gol, kami menguasai permainan dan Edo mencetak gol cantik,” kata Bojan setelah pertandingan.

Pelatih asal Kroasia itu mengatakan pemain berhasil membuat lini serang lawannya tidak bisa mencetak gol. Anak asuhnya juga berhasil menjalankan instruksinya dengan baik dengan menjalankan skema serangan balik.

“Pada dasarnya kami hanya lebih fokus pada serangan balik untuk bisa mencetak gol kedua dan menuntaskan pertandingan,” ucapnya.

Dua gol Persib masing-masing dicetak Edo Febriansah pada menit ke-22 dan Ciro Alves (71).

Kini, Persib memperoleh 16 dari hasil 4 kali menang dan 4 imbang. Atas kemenangan tersebut, skuad yang diarsiteki pelatih Bojan Hodak ini naik ke peringkat kedua dari posisi kelima klasemen sementara.

Jalannya Pertandingan Persib vs Persebaya

Di babak pertama, Persib menekan sejak kick-off. Persebaya bermain dengan melancarkan serangan balik. Hingga di menit 22, Edo Febriansah melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti untuk membawa Persib unggul 1-0.

Persebaya tak tinggal diam. Anak asuh Paul Munster ini berusaha menyamakan kedudukan. 

Pada menit ke-28, Moh. Rashid melepaskan tembakan dari jarak jauh. Namun, Mendoza dengan sigap mampu mengantisipasinya.

Di menit ke-43, Persebaya kembali mengancam melalui tendangan bebas Francisco Rivera. Umpan pemain bernomor punggung 7 Bajul Ijo itu mengirimkan bola ke dalam kotak, tapi Nick Kuipers dengan cepat menghalaunya.

Hingga babak pertama berakhir, Persib masih unggul 1-0 atas Persebaya Surabaya.

Memasuki babak kedua, Persebaya meningkatkan agresivitas serangannya. Namun, pertahanan yang kokoh Persib mampu membendung setiap serangan tim Bajul Ijo. Tandukan dari Flavio Antonio da Silva di menit 63 mampu ditangkap oleh Kevin Mendoza.

Dua menit berselang, Bojan Hodak mengganti Mailson Lima dan Beckham Putra untuk digantikan Dimas Drajad dan Ferdiansyah. Ferdi bisa saja langsung mencetak gol andaikan ia tak terlambat menyambar umpan mendatar Ciro Alves.

Di menit 71, Ciro Alves lolos dari perangkap offside. Ia mengecoh satu pemain lawan sebelum mencetak gol melalui sepakan mendatar. Persib pun menggandakan keunggulannya.

Di menit 82, Persib kembali melakukan pergantian. Rachmat Irianto dimasukkan untuk menggantikan Ciro Alves. 

Di menit 84, Tyronne del Pino mendapat perawatan karena terkena tendangan Andre Oktaviansyah. Del Pino pun ditandu keluar lapangan dan digantikan oleh Adam Alis.

Pertandingan memasuki tambahan waktu tujuh menit. Skuad Pangeran Biru masih berusaha menambah keunggulan tapi upaya dari Ferdiansyah masih belum menghasilkan gol. Laga pun berakhir dengan keunggulan Persib 2-0 atas Persebaya.

Susunan Pemain

Persib: Kevin Ray Mendoza (PG); Kakang Rudianto, Nick Kuipers, Mateo Kocijan; Henhen Herdiana, Dedi Kusnandar, Tyronne del Pino, Edo Febriansah; Mailson Lima, Ciro Alves, Beckham Putra.

Persebaya: Andhika Ramadhani (PG); Ardi Idrus, Kadek Raditya, Slavko Damjanovic, Mikael Tata; Gilson Costa, Francisco Rivera, Mohammed Rashid; Bruno Moreira, Malik Risaldi, Flavio Silva.

 sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: