Sambut Mudik 2024, KAI Daop 1 Jakarta Siagakan 600 Personel Gabungan

Oleh: Mufit
Senin, 25 Maret 2024 | 23:26 WIB
Ilustrasi mudik. (Foto/Freepik)
Ilustrasi mudik. (Foto/Freepik)

Indonesiaglobe.id - PT KAI (Persero) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta menyiagakan sebanyak 600 personel, untuk menjaga keamanan mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah khusus penumpang kereta api.

Manajer Humas PT KAI Persero Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, ratusan personel tersebut merupakan gabungan dari unsur TNI-Polri dan pihak kerata api.

"Dari TNI-Polri yaitu jumlah totalnya untuk pengamanan kurang lebih hampir 600 personel gabungan kami siapkan untuk mengamankan mudik lebaran tahun ini," kata Ixfan kepada wartawan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (25/3/2024).

Lebih lanjut, dia menyebut aparat gabungan tersebut akan disebar ke beberapa titik area PT KAI Daop 1, seperti Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara dan Cikarang untuk memastikan area tersebut aman.

"Nantinya setiap stasiun seperti Senen, Gambir, dan Stasiun Jatinegara akan kita dirikan pos keamanan untuk mengantispasi terjadinya sesuatu yang tak diinginkan demi kenyamanan para penumpang," ujarnya.

Selain itu Ixfan juga menyebut sebanyak 40.478 penumpang akan berangkat pada 8 April 2024.

"Dari data kami yang masuk per hari ini, 
40.478 akan diberangkatkan dari Daop 1 Jakarta yaitu Stasiun Pasar Senen dan Gambir," kata Ixfan.

Lebih lanjut, dia mengatakan, ribuan pemudik itu akan diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir pada puncak masa mudik.

Sedangkan untuk arus balik, Ixfan memprediksi bakal terjadi pada 14 April 2024 dengan jumlah penumpang sekitar 39.767. Namun, dia menekankan data tersebut masih sementara.

"Puncak arus balik, terpantau 14 April itu sudah mencapai 39.767 penumpang berdasarkan data yang masuk," imbuhnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: