Hasil Vietnam vs Timnas Indonesia: Skuad Garuda Menang 3-0!

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Selasa, 26 Maret 2024 | 21:06 WIB
Timnas Indonesia. (Foto/PSSI).
Timnas Indonesia. (Foto/PSSI).

Indonesiaglobe.id - Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan 3-0 dari tuan rumah Vietnam dalam laga leg kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024) malam WIB. Kemenangan ini pun memecahkan rekor buruk Indonesia yang tak pernah menang di Vietnam sejak tahun 2004 lalu.

Walau bermain di kandang lawan, Timnas Indonesia tampil menekan dan tidak ada beban. Alhasil, anak asuh Shin Tae-yong pun membuka keunggulan saat laga berjalan sembilan menit melalui sundulan Jay Idzes.

Gol itu bermula dari umpan sepak pojok yang diberikan oleh Thom Haye. Jay Idzes yang muncul dari belakang menyundul bola dan tak bisa dihalau oleh kiper Vietnam. Skor pun berubah menjadi 1-0 keunggulan bagi Indonesia.

Setelah mendapatkan gol pertama, Indonesia sedikit mengendurkan serangan dan lebih bermain hati-hati. Vietnam justru sebaliknya lebih menekan pertahanan Indonesia karena tidak mau kalah di kandang sendiri.

Keasyikan menyerang Vietnam malah mendapatkan malapetaka usai Timnas Indonesia memperbesar keunggulan di menit ke-24 melalui aksi solo run Ragnar Oratmangoen. 

Ragnar yang bebas membawa bola dari sisi kanan, mencoba masuk melewati tiga kawalan pemain Vietnam dan diakhiri tembakan kaki kiri mendatan sehingga membuat Nguyen Filip tak bisa menghalaunya. Skor berubah menjadi 2-0 bagi Indonesia.

Mengejar keunggulan, Vietnam lagi-lagi langsung menekan pertahanan Indonesia. Di menit ke-33 misalnya melalui tendangan bebas Khuat Van Khang mengarah ke pojok gawang Indonesia, tapi masih bisa digagalkan oleh Ernando.

Hingga babak pertama usai, tidak ada gol tambahan yang bisa diciptakan oleh Vietnam ataupun Indonesia. Skor pun 2-0 keunggulan bagi Indonesia atas Vietnam.

Di babak kedua, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong memasukan beberapa pemain misalnya Yakob Sayuri, Egy Maulana. Sementara, Hokky dan Asnawi ditarik keluar.

Saat peluit dibunyikan, Vietnam mencoba inisiatif serangan ke lini pertahanan Indonesia. Beberapa kali, pertahan Indonesia yang digawangi oleh Jay Idzes mendapatkan serangan bertubi-tubi dari pemain Vietnam. Akan tetapi, pertahanan lini belakang Indonesia bermain disiplin hingga menyulitkan para pemain Vietnam.

Di menit ke-65 Indonesia nyaris memperbesar keunggulan setelah lagi-lagi aksi individu Ragna merepotkan lini belakang Vietnam. Akan tetapi, peluang tersebut gagak dikonversi menjadi gol usai digagalkan oleh lini belakang Vietnam.

Serangan bertubi-tubi terus dilancarkan Vietnam ke gawang Ernando. Justin Hubner, Rizky Ridho dan Jay Idzes pun bekerja keras untuk mengawal lini pertahanan agar tak kebobolan.

Skuad Garuda sempat memberikan ancaman lewat aksi individu Ragnar. Namun sayang, sepakan kaki kiri masih berada di samping gawang dari Vietnam.

Tak terasa, waktu sudah menunjukkan menit ke-90. Wasit memberikan tambahan waktu selama 9 menit. Di masa tambahan waktu tersebut, Indonesia justru mencuri kesempatan untuk bisa memperbesar keunggulan menjadi 3-0 lewat kaki Sananta.

Gol diawali melalui set piece sepak pojok yang diumpan oleh Thom Haye membuat skrimit di kotak penalti Indonesia. Lalu, bola liar muncul di shooting oleh Edo mengarah ke Egy dan disundul ke arah gawang. Akan tetapi, sundulan Egy masih membentur mistar, bola rebound pun disambar oleh Sananta yang berdiri bebas.

Gol Sananta mengubur mimpi Vietnam untuk bisa lolos ke babak selanjutnya Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sebab, dari dua kali pertemuan dengan Indonesia, Vietnam tak meraih satu pun poin.

Susunan Pemain Vietnam vs Indonesia:

Vietnam (5-4-1): Filip Nguyen (PG); Bui Tien Dung, Pham Xuann Manh, Phan Tuan Tai, Bui Hoang Viet Anh Vu Van Thanh; Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc, Khuat Van Khang, Nguyen Thai Son; Nguyen Tien Linh

Timnas Indonesia (3-4-3):Ernando Ari (PG); Jay Idzes, Rizky Ridho, Justin Hubner; Asnawi Mangkualam, Thom Haye, Marselino Ferdinan, Nathan Tjoe-A-On;Witan Sulaeman, Ragnar Oratmangoen; Hokky Carakasinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: